Ardelia Pembawa Bendera Saat Upacara HUT RI di Istana, Ini Sosoknya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 15:36 WIB
Ardelia Pembawa Bendera Saat Upacara HUT RI di Istana, Ini Sosoknya
Ardelia Pembawa Bendera Saat Upacara HUT RI di Istana (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ardelia, pembawa bendera saat upacara di Istana Merdeka, menjadi sorotan. Diketahui, siswa SMA asal Medan tersebut bertugas menjadi salah satu bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka 2021.

Ardelia bertugas sebagai pembawa baki bendera pusaka Merah Putih. Siswa tersebut menjadi bagian dari Tim Indonesia Tangguh.

Sosok Ardelia, Pembawa Bendera Saat di Istana Merdeka

Siswa bernama Ardelia Muthia Zahwa merupakan pembawa baki yang berasal dari perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Ardelia lahir di Tebing Tinggi pada 6 Desember 2004.

Saat ini Ardelia menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan. Kemampuannya sudah terlatih sejak menjadi anggota Paskibra di bangku sekolah dasar (SD).

Sebelum masuk dalam Tim Indonesia Tangguh, Ardelia melewati sejumlah seleksi hingga bisa menjadi pembawa baki bendera Merah Putih pada 2021. Ia mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Kota Medan hingga seleksi Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2021.

Di tingkat provinsi, Ardelia harus mengikuti tiga rangkaian seleksi Paskibraka. Tes tersebut dilalui Ardelia dari tes akademik, tes jasmani, dan tahap wawancara dengan Sekretaris Dispora Sumatra Utara, Danton Kaveli, dan Pihak TNI Angkatan Udara Lanud Suwondo sebagai penanya langsung.

Ardelia, Pembawa Bendera Warisi Sang Ibu

Prestasi Ardelia tampaknya menurun dari sang ibu, Numala Santy. Numala diketahui merupakan anggota Paskibra tingkat provinsi Sumatera Utara pada 1996.

"Prestasi anak saya sudah lebih tinggi dari saya. Saya Paskibra Sumut di tahun 1996," jelas Nurmala, dikutip dari detikNews, Selasa (17/8/2021).

Kebanggaan soal prestasi Ardelia juga disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan hal itu menjadi kebanggaan rakyat Sumut.

"Kebanggaan kita tadi yang membawa bendera utama itu adalah putri Sumatera Utara," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Selasa (17/8).

Seperti diketahui, Paskibraka 2021, yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia, telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/8) di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya dalam peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2021.

(izt/imk)