Apa Itu Sunnah Hamiyah? Ini Penjelasannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 16:01 WIB
Disunnahkan Makan dan Minum sebelum Shalat Idul Fitri
Foto: iStock/Apa Itu Sunnah Hamiyah? Ini Penjelasannya.
Jakarta -

Sunnah hamiyah adalah salah satu jenis sunnah yang merupakan suatu aturan dalam Islam. Pengertian sunnah biasanya dikaitkan dengan ibadah yang bila dikerjakan mendapat pahala, namun tak berdosa jika lalai.

Dikutip dari buku Ilmu Ushul Fiqh, Dari Arabia Hingga Nusantara, sunnah hamiyah adalah sesuatu yang sudah diniatkan Nabi Muhammad SAW. Sayangnya niat tersebut urung dikerjakan karena sudah keburu wafat.

"Misalnya beliau ingin puasa pada tanggal 9 Muharram, tapi beliau sudah wafat sebelum tanggal itu," tulis buku karya Dr Abdurrahman Misno BP, MEI, Nurhadi, S Sos I, MH, dilihat detikcom pada Rabu (18/8/2021).

Walau keinginan Nabi Muhammad SAW belum terlaksana, sebagian besar ulama menganggap puasa pada 9 Muharram adalah sunah. Tiap muslim yang mampu dan memenuhi ketentuan bisa melakukan ibadah ini.

Secara keseluruhan, sunnah hamiyah adalah satu dari empat jenis sunah yang dikenal para muslim. Berikut penjelasan tiga jenis sunah lainnya.

1. Sunnah qauliyah

Perkataan Nabi Muhammad SAW yang menerangkan hukum agama dan isi Al Quran.

2. Sunnah fi'liyah

Perbuatan Nabi Muhammad SAW yang menerangkan cara melaksanakan ibadah.

3. Sunnah taqririyah

Diamnya Nabi Muhammad SAW ketika melihat perbuatan para sahabat baik di depannya atau bukan. Hal ini juga berlaku ketika suatu berita disampaikan pada Nabi Muhammad SAW.

Jika didiamkan artinya adalah hujjah bagi seluruh umat. Syarat sah taqrir adalah orang yang mengerjakan benar-benar tunduk pada hukum Islam, bukan kafir atau munafik.

Tulisan sunnah hamiyah ini semoga bisa memperluas pengetahuan para muslim terkait Islam dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya para muslim tak lagi ragu atau khawatir.

Gimana detikers? Sudah jelas ya soal sunnah hamiyah.

(row/erd)