Megawati Minta Pemuda RI Gelorakan Kemerdekaan, Ingatkan soal Afghanistan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 13:14 WIB
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri menyinggung soal apa yang terjadi di Afghanistan. Megawati meminta bangsa Indonesia belajar dari apa yang terjadi di Afghanistan.

Hal itu disampaikan Megawati saat memberikan sambutan dalam Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pelindungan Kawasan Suci Pura Besakih, Rabu (18/8/2021). Megawati mulanya meminta agar bangsa Indonesia, terutama pemuda, untuk terus menggelorakan kemerdekaan Indonesia.

"Hei anak muda, kamu yang sekarang sudah merdeka. Kamu yang sekarang sudah merdeka, bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Kalau tanpa itu kamu tidak akan menjadi siapa-siapa," kata Megawati.

Megawati kemudian meminta bangsa Indonesia belajar dari apa yang terjadi di Afghanistan. Karena itu, dia meminta bangsa Indonesia terus menggelorakan kemerdekaan dan menjaganya.

"Coba bayangkan kalau lihat di berita, seperti apa di Afghanistan sekarang. Begitu banyak orang yang mau ngungsi. Dan tidak ada lho guarantee, kalau bukan kita sendiri yang menyatakan kemerdekaan kita dan menjaga kemerdekaan," ujarnya.

Megawati pun mewanti-wanti agar pemuda Indonesia mewaspadai penjajahan. Sebagai generasi tua Indonesia, Megawati mengatakan hanya bisa memberikan wejangan.

"Jangan lho, kita ndak tahu bisa dijajah lho. Jangan. Saya, pemimpin-pemimpin yang sudah akan fading away, passed away. Ini bisa kan ngomong begini, kalian yang akan melaksanakan. Jadi bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Tidak sembarangan loh bikin Indonesia Raya. Itu luar biasa," ungkap Megawati dengan suara tercekat.

(mae/fjp)