Kisah Lansia 91 Tahun Jadi Pasien COVID Sembuh Tertua di RS Deli Serdang

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 12:59 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Deli Serdang -

Sepasang suami istri yang sudah lanjut usia di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), sembuh dari infeksi virus Corona atau COVID-19. Keduanya merupakan pasien tertua yang sembuh dari Corona di RSUD Deli Serdang.

"Ini di usia 91 tahun ditangani dengan baik. Masyarakat jika tidak takut ke rumah sakit, maka bisa ditolong," kata Direktur RSUD Deli Serdang, dr Hanip Fahri, Rabu (18/8/2021).

Pasutri itu adalah Teng A Su yang berusia 91 tahun dan istrinya, Siu Nang, yang berusia 87 tahun. Keduanya merupakan warga Desa Bakaran Batu, Lubuk Pakam.

Teng A Su pulang dari RS pada Senin (16/8). Istrinya, Siu Nang, sudah pulang lebih dulu pada Jumat (13/8).

"Jadi sebenarnya maknanya, itulah dia kita mengasih tahu masyarakat bahwa pada saat COVID-19 ini suatu penyakit sama dengan yang lain. Asal diberikan pertolongan dengan baik, diterapi dengan baik, angka kesembuhan dan tingkat kesembuhan juga cukup baik. Ini bukti bisa," ucapnya.

Ketua Tim Pakar Penanganan COVID-19 RSUD Deli Serdang, dr Asri Ludin Tambunan, mengatakan ada empat orang dari keluarga Teng A Su yang terpapar COVID-19. Selain Teng A Su dan istrinya, kedua anak mereka dinyatakan positif.

"Jadi Pak Teng A Su ini, kebetulan dirawat sekeluarga, sama ibu, sama bapak ini. Kebetulan Pak Teng A Su bersama Ibu yang terlebih dulu masuk baru nyusul anaknya. Jadi kebetulan ibu yang terlebih dulu pulang karena sudah sembuh," ujarnya.

Asri mengatakan kedua lansia itu mendapatkan penanganan usai masuk ke RSUD. Dia menyebut dua orang itu menjadi pasien COVID-19 tertua yang dirawat di RS itu.

"Bapak inilah dan ibu inilah pasien pertama tertua di rumah sakit ini yang dinyatakan sembuh," jelasnya.

(haf/haf)