Bertambah, Pendaki Gunung Bawakaraeng yang Meninggal 2 Orang

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 12:23 WIB
Makassar -

Tim SAR gabungan menyebut total pendaki yang meninggal dunia di Gunung Bawakaraeng, Sulsel menjadi 2 orang. Keduanya bagian dari peserta perayaan HUT-76 kemerdekaan Indonesia.

"Saat ini total korban yang dinyatakan meninggal ada 2 orang. 1 Korban sudah dievakuasi di Puskesmas Tinggimoncong dan satu lagi sementara evakuasi dari pos," kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaedi kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Keduanya mendapati musibah usai melakukan pengibaran bendera di puncak Gunung Bawakaraeng pada Rabu, 18 Agustus 2021. Djunaidi menyatakan korban akan segera dibawa ke Puskesmas Tinggimoncong, Gowa. Hingga saat ini korban belum diketahui identitasnya.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, sekitar 812 orang berasal dari pecinta alam dan organisasi berada di Gunung Bawakaraeng melakukan pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Namun, cuaca mulai tidak bersahabat sejak pagi hari pada tanggal 17 Agustus 2021," sebutnya.

Sebelumnya, sejumlah pendaki yang berhasil mendaki dilaporkan mengalami hipotermia. Bahkan 1 orang meninggal dunia dan membeku.

"Yang dinyatakan MD (meninggal dunia) di Pos 7 dalam keadaan beku," ucap Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhlyh.

Hasan mengatakan laporan soal pendaki yang meninggal dunia itu diterima oleh Tim SAR gabungan pada pukul 09.00 Wita, pagi tadi. Proses evakuasi saat ini sedang dilakukan Tim SAR gabungan.

(fiq/aud)