Pria yang Bunuh-Potong Kepala Gajah di Aceh Ditangkap

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 18:48 WIB
Bangkai seekor gajah Sumatera ditemukan di kawasan perkebunan sawit yang ada di Aceh. Gajah itu ditemukan mati tanpa kepala.
Gajah di Aceh ditemukan mati tanpa kepala (ANTARA Foto/Hayaturrahmah)
Banda Aceh -

Seorang pria di Aceh Timur, Aceh, ditangkap polisi karena diduga membunuh seekor gajah. Pelaku berinisial JN alias DG (35) itu diduga meracuni satwa tersebut sebelum memotong kepalanya.

"Kita menangkap lima pelaku dan satu di antaranya, JN, merupakan orang yang meracuni dan memotong kepala gajah tersebut," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan, Selasa (17/8/2021).

Penangkapan para tersangka dilakukan tim Opsnal Satreskrim Polres Aceh Timur di sejumlah lokasi, Senin (16/8). Winardy mengatakan empat orang yang diringkus polisi diduga penjual gading gajah tersebut.

Keempatnya adalah EM (41), SN (33), JZ (50), dan RA (46). Winardy menyebut polisi masih memburu satu orang yang diduga terlibat dalam perburuan satwa dilindungi tersebut.

Saat ini kelima terduga pelaku ditahan di Polres Aceh Timur. Mereka bakal dijerat dengan Pasal 21 ayat (2) huruf a dan Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam juncto Pasal 55 KUHPidana.

"Mereka sudah kita lakukan penahanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Winardy.

Sebelumnya, seekor gajah liar ditemukan mati di area perkebunan sawit di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur. Satwa tersebut mati dengan kondisi kepala terpotong dan hilang.

Informasi yang diperoleh detikcom, gajah tersebut ditemukan mati oleh seorang karyawan perkebunan saat hendak memanen sawit. Dia lalu melaporkan temuan itu ke Babinsa Koramil 18/BDA dan Polsek setempat.

"Bangkai gajah itu ditemukan kemarin dan kami dapat laporannya semalam," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (12/7).

Dia menduga gajah tersebut dibunuh pelaku perburuan gading. Kecurigaan itu muncul karena gajah mati dengan kondisi kepala hilang.

"Arahnya kan lebih ke perburuan. Ini kita masih menduga. Arahnya ke situ karena nggak ada kepala. Dugaan diambil gading," jelas Agus.

Berdasarkan hasil nekropsi, kata Agus, ditemukan dua bungkus racun dalam lambung gajah jantan tersebut. Sampel yang ditemukan pada lambung bakal dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

"Hasil di nekropsi diketahui terdapat dua bungkus plastik yang diduga racun di dalam lambung gajah. Dugaan sementara kematian gajah liar diduga akibat racun yang ditemukan di dalam saluran cerna," ujar Agus.

(agse/eva)