Anies: Positivity Rate DKI Sudah di Bawah 10%, Menuju Ambang Aman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 12:14 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persentase positivity rate COVID-19 selama sepekan terakhir sudah di bawah 10 persen. Anies optimistis angka ini terus bergerak menuju angka ideal.

"Positivity rate kita makin hari makin turun, makin mendekati angka ideal. Batas ambang aman itu adalah 10 persen. Kita sudah di bawah 10 persen sejak pekan lalu. Sekarang kita terus menuju ambang aman, yaitu 5 persen," kata Anies kepada wartawan, Selasa (17/8/2021).

Anies mengatakan angka ini dicapai melalui kerja bersama berbagai pihak. Ke depannya, dia berharap positivity rate sepekan ke depan turun di angka 5 persen.

"Ini adalah hasil kerja kita semua. Karena positivity rate menggambarkan situasi yang ada di masyarakat, ini cermin," jelasnya.

"Mari kita teruskan perjuangan ini, sehingga angka positivity rate kita berada di bawah 5 persen, sehingga kita akhirnya kembali masuk batas aman dengan di bawah 5 persen," sambungnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan berbicara terkait kasus aktif, kasus baru, dan laju penularan di DKI Jakarta menurun dalam kurun kurang-lebih sebulan sejak puncak COVID-19. Anies mewanti-wanti masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak membuka peluang terjadinya gelombang ketiga.

Awalnya Anies mengatakan kurva kasus aktif Corona di DKI Jakarta menurun dalam sebulan sejak puncak Corona. Anies juga memaparkan data keterisian rumah sakit yang berkurang sehingga ruang rawat diberikan lagi kepada pasien non-COVID-19.

Anies berharap semua pihak menjaga dan tetap bekerja keras agar tidak terjadi lagi peningkatan kasus COVID-19. Anies pun berbicara mengenai kemenangan di depan mata sudah dekat, namun dia mewanti-wanti agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan, tetap membatasi mobilitas, tidak beraktivitas sebebas-bebasnya, dan jangan membuka ruang munculnya gelombang berikutnya.

Lihat juga Video: Sebaran 17.384 Kasus Corona Hari Ini: DKI 513, Jateng 3.000-an

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)