Momen Pengendara di Patung Kuda Jakpus Hentikan Lajunya Saat Pukul 10.17 WIB

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:39 WIB
Momen pengendara di kawasan Patung Kuda, Jakpus, menghentikan lajunya saat waktu menunjukkan pukul 10.17 WIB, Selasa (17/8/2021).
Momen pengendara di kawasan Patung Kuda, Jakpus, menghentikan lajunya saat waktu menunjukkan pukul 10.17 WIB. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Para pengendara yang hendak melintasi Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat (Jakpus), kompak menghentikan lajunya saat waktu menunjukkan pukul 10.17 WIB. Polisi yang berjaga di kawasan tersebut juga terlihat melakukan sikap sempurna.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (17/8/2021), terdengar suara dentuman meriam dan sirene saat waktu menunjukkan pukul 10.17 WIB. Suara tersebut berasal dari Istana Merdeka.

Saat suara dentuman meriam dan sirene terdengar, aktivitas warga di kawasan Patung Kuda dihentikan sejenak. Para pengendara mulai berhenti meski tidak semua mematikan mesin kendaraannya.

Para polisi yang berjaga pun berdiri tegak sambil menundukkan kepala. Aksi sikap sempurna menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan ini berlangsung selama tiga menit.

Untuk diketahui, masyarakat diminta mengambil sikap sempurna dan memberi hormat pada pukul 10.17 WIB. Diketahui, pukul 10.17 adalah detik-detik Proklamasi.

"Iya benar (pengendara mematikan mesin kendaraan). Berhenti pada detik-detik Proklamasi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dimintai konfirmasi, Senin (16/8).

Kegiatan itu bakal berlangsung secara serentak di seluruh ruas jalan di Jakarta. Diharapkan masyarakat mengikuti kegiatan itu sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para pahlawan kemerdekaan.

(ygs/zak)