HUT RI, Ketum PAN Singgung Pemilu yang Memecah Belah Bangsa

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 11:38 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Pada momen hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI ini, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berbicara terkait masih adanya perpecahan akibat pemilu. Dia menyebut perlunya memperkuat persatuan agar Indonesia bisa tumbuh.

"Negeri kita perlu merdeka, bersatu. Pilpres, pilkada itu seharusnya bisa memperkuat kita, jangan perpecahan. Agar Indonesia bisa tumbuh, berdaulat, dan bersatu," ujar Zulkifli kepada wartawan di rumah dinas Widya Chandra, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, perpecahan di kalangan masyarakat masih terlihat saat ini akibat pemilu. Seperti layaknya dulu sebelum kemerdekaan Indonesia.

Zulkifli mengatakan pilpres, pemilu, dan pilkada dahulu merupakan salah satu cara untuk mempersatukan bangsa. Namun hari ini, kata Zulhas, justru sebaliknya.

"Padahal jelas tujuan kita merdeka, kita bisa merdeka kalau kita bersatu. Artinya pemilu, pilkada, pilpres itu untuk memperkuat persatuan, bukan memecah bangsa," tuturnya.

Oleh karena itu, Zulhas meminta seluruh pihak merenungkan kembali visi-misi Indonesia. Apalagi Indonesia menjadi negara yang merdeka lebih dulu dari negara lain.

"Kita nggak bicara mayoritas-minoritas. Yang kita bicarakan melindungi sebangsa setanah air, tumpah darah Indonesia. Apa pun bahasa, agama, suku, kita ini satu. Kita tidak bicara lagi suku, kita sudah bicara kejayaan Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut dia mendorong pemerintah agar menerapkan kebijakan-kebijakan yang berorientasi pada kepentingan rakyat. Zulhas meminta pemerintah terbuka terhadap kritik yang membangun serta mengajak pemimpin informal bersatu dan berkolaborasi menyelesaikan masalah pandemi.

"Jangan lukai dan khianati rakyat dengan kebijakan yang tidak tepat, penegakan hukum yang tidak adil, komunikasi yang terkesan arogan dan tidak empatik kepada rakyat," tuturnya.

Di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom juga punya acara seru untuk detikers, yaitu Parade 17an, di detikcom yang bisa kamu akses melalui detik.com/parade17an.

Tonton Video: Kreativitas Ilustrator Suarakan Persatuan di HUT ke-76 RI

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)