Kondisi Belum Fit, Lukas Enembe Tetap Pimpin Upacara HUT Ke-76 RI di Jayapura

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 10:49 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe memimpin upacara peringatan HUT ke-76 RI, di halaman Gedung Negara, Jayapura, Selasa (17/8/2021).
Gubernur Papua Lukas Enembe (kelima dari kanan) memimpin upacara peringatan HUT ke-76 RI. (Wilpret/detikcom)
Jayapura -

Gubernur Papua Lukas Enembe bertindak menjadi inspektur upacara (irup) dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI di Papua. Menurut juru bicara Gubernur Papua, M Rifai Darus, Lukas Enembe saat ini masih dalam kondisi pemulihan dari sakit.

"Kondisi Gubernur saat ini masih pemulihan, tangan kanan beliau masih sakit. Tapi beliau bersemangat harus menjadi irup," kata Rifai.

"Beliau berterima kasih terhadap Forkompimda Papua atas kerja sama dan bersama-sama bekerja dan berpikir untuk Papua lebih maju," tambahnya.

Upacara peringatan HUT ke-76 RI oleh Pemprov Papua digelar di Gedung Negara. Biasanya, upacara peringatan HUT RI oleh Papua diselenggarakan di Stadion Mandala, Kota Jayapura. Tetapi, karena Lukas Enembe belum fit, upacara di pindahkan ke halaman Gedung Negara.

"Perjuangan ini bukan main-main. Ini sebagai bukti kalau di dalam diri saya tertanam Merah-Putih," ujar Lukas Enembe melalui juru bicara Gubernur.

Lebih jauh, dalam peringatan HUT ke-76 RI, Lukas Enembe berpesan kepada pemuda-pemudi Papua agar menghargai para jasa pejuang yang telah membawa kemerdekaan RI. Lukas Enembe mengatakan, tanpa perjuangan para pahlawan, Papua tidak ada seperti sekarang ini.

Selain itu, Lukas mengajak seluruh masyarakat Papua ikut menyukseskan PON XX. Salah satu caranya dengan menjalani vaksinasi COVID-19.

"Gubernur berharap PON Papua harus ada penonton, sehingga diminta kepada masyarakat untuk vaksinasi dan masyarakat diminta jujur dalam melakukan vaksinasi," ungkap Rifai.

(zak/zak)