Alasan Puan Kenakan Pakaian Adat Bali di Sidang Tahunan MPR 2021

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 13:48 WIB
Pakaian adat khas Bali yang dikenakan Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan pakaian adat Bali saat Sidang Tahunan MPR RI dan saat memimpin rapat paripurna DPR. Apa alasan Puan mengenakan pakaian adat Bali?

"Karena Indonesia kan beragam, punya keberagaman, punya macam-macam baju daerahnya, dan kebetulan saja hari ini pake baju Bali," kata Puan di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Pakaian adat Bali yang dikenakan Puan Maharani tampak berwarna putih. Puan juga dibalut kain dengan perpaduan warna hitam, cokelat, dan emas khas Bali.

Selain itu, Puan Maharani mengenakan sanggul dengan motif bunga di kepala. Puan memasuki ruang rapat paripurna bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin.

Puan mengatakan mengenakan pakaian adat sejak tahun lalu saat ada rapat paripurna pembukaan masa sidang DPR. Dia berharap tahun selanjutnya memakai pakaian adat daerah lain.

"Tahun lalu pakai baju lain, tahun depan pakai baju yang lain lagi. Ya sudah itu saja pilihannya, insyaallah tiap tahun bisa ganti-ganti baju daerahnya," ujarnya.

Ketua DPP PDIP ini mengatakan tak ada desainer yang membuat pakaian adat Bali-nya. Puan mengatakan dia memilih sendiri kain pakaian adat Bali tersebut.

"Nggak ada desainer, ini baju sendiri saja. Saya pilih, kainnya, kain Bali sidemen," imbuh Puan.

(rfs/mae)