Yuk Malam Ini Tonton Bincang Bangsa-Konser Selebrasi Kemerdekaan di RDI

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 11:55 WIB
Bincang Bangsa-Konser Selebrasi Kemerdekaan di RDI (Foto: Istimewa)
Foto: Bincang Bangsa-Konser Selebrasi Kemerdekaan di RDI (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Merayakan kemerdekaan Republik Indonesia di rumah bisa dilakukan dengan menonton acara komedi, panggung puisi, hingga konser musik nusantara. Semuanya bisa disaksikan dalam 'Selebrasi Nusantara' di Panggung Nasional Rumah Digital Indonesia (RDI).

Panggung Nasional akan hadir menghibur masyarakat Indonesia malam ini, pukul 19.00 WIB, Senin (16/8/2021). Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Bidang Pengembangan Konten RDI Putri Tanjung mengatakan, ada sejumlah acara dalam Selebrasi Nusantara yang disiapkan untuk menyambut HUT ke-76 RI di Panggung Nasional RDI.

"Perayaan dalam Selebrasi Nusantara di Rumah Digital Indonesia ini merupakan salah satu rangkaian sebelum kita memasuki puncak hari kemerdekaan. Kita akan mengajak masyarakat untuk melihat dan merayakan menjadi Indonesia dengan cara yang baru dan lebih optimistis lewat diskusi, komedi, dan penampilan para musisi yang akan membangkitkan kembali rasa nasionalisme kita sebagai sebuah bangsa yang merdeka," ujar Putri.

Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ini diawali dengan diskusi Bincang Bangsa bersama pendiri Rumah Faye dan Co-Founder What Is Up, Indonesia? Faye Simanjuntak, Juru Bicara Kominfo Deddy Permadi, dan content creator Mandy CJ. Bincang Bangsa akan dipandu oleh Iyas Lawrence.

Bincang Bangsa akan mendiskusikan soal cara anak muda Indonesia melihat dan merefleksikan kembali nasionalisme di masa sekarang. Lewat diskusi ini, kita bisa melihat dialektika terbuka antara pemerintah dan generasi muda dalam melihat Indonesia ke depan.

Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan panggung puisi bersama jurnalis Najwa Shihab dan Papermoon Puppet Theatre. Mereka akan berkolaborasi memvisualisasikan puisi 'Atas Kemerdekaan' karya penyair legendaris Indonesia Sapardi Djoko Damono.

Selanjutnya, perut kita akan dikocok dengan penampilan para komika dalam komedi lokal bersama Abdur Arsyad, Indra Jegel, Ge Pamungkas, Arif Brata, dan Aci Resti. Mereka akan beradu pengetahuan seputar keragaman Indonesia dalam 'Kuis Pantang Mundur'.

Di komedi lokal juga akan ada penampilan spesial dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang ikut beradu lucu dengan para komika yang sayang dilewatkan.

Bincang Bangsa-Konser Selebrasi Kemerdekaan di RDI (Foto: Istimewa)Bincang Bangsa-Konser Selebrasi Kemerdekaan di RDI (Foto: Istimewa)

Konser Selebrasi Kemerdekaan kemudian akan hadir sebagai acara pamungkas. Deretan musisi ternama Tanah Air akan menyemarakkan konser, yakni Yura Yunita, Budi Doremi, Angel Pieters, Jemimah Cita, Putri Ariani, dan paduan suara Infinito Singers.

Para musisi akan membawakan lagu-lagu kebangsaan yang diaransemen ulang menjadi lebih kekinian dengan injeksi unsur instrumen musik khas Indonesia, tapi tidak menghilangkan semangat nasionalisme dan kebangsaan.

Lewat konser ini, kita akan diajak mendengarkan lagu Indonesia Pusaka, Bagimu Negeri, Rayuan Pulau Kelapa, dan masih banyak lagi dengan nuansa yang baru dan dinamis.

"Kita ingin menunjukkan Indonesia yang kaya dan beragam. Dengan aransemen musik yang baru dan lebih dinamis, kita ingin tunjukkan bahwa kita bisa terus bergerak maju mengikuti perkembangan kemajuan zaman, tapi tidak lupa akar budaya dan warna kita sebagai bangsa," kata Putri.

Para performers akan tampil dalam balutan busana dengan sentuhan khas Indonesia yang kental dan modern, mewakili keberagaman daerah di Tanah Air.

Untuk menyaksikan Selebrasi Nusantara, kamu bisa mengakses www.rumahdigitalindonesia.id, lalu pilih peta, dan klik Panggung Nasional.

Mari rayakan kemerdekaan bersama di Rumah Digital Indonesia.

(mae/fjp)