Lalin Sekitar Istana Negara Ditutup Saat Upacara HUT RI 17 Agustus

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 16 Agu 2021 09:15 WIB
Simulasi upacara pengibaran bendera di halaman Istana Merdeka, Jakarta.
Istana Merdeka (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Sejumlah persiapan pengamanan menjelang upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI telah disiapkan polisi. Salah satunya dengan melakukan penutupan ruas jalan di sekitar Istana Negara.

"Kalau besok (17 Agustus) pada saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan memang jalur seputar Istana Mendeka kita tutup," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di depan gerbang gedung MPR-DPR, Jalan Gatot Subroto, Senin (16/8/2021).

Ratusan personel lalu lintas telah disiapkan untuk mengatur lalu lintas besok. Selain itu, Sambodo memastikan kebijakan ganjil-genap masih berlaku besok hari.

"Ganjil-genap tetap berlaku," imbuh Sambodo.

Polisi juga akan menerapkan diskresi terkait kebijakan ganjil-genap kepada pengendara yang memang memiliki undangan untuk menghadiri upacara di Istana Negara besok.

Namun, dengan catatan, para pengendara tersebut diwajibkan menunjukkan surat undangan menghadiri upacara di Istana Negara kepada petugas yang berjaga di titik pemeriksaan ganjil-genap.

"Kami sampaikan juga agar masyarakat maupun para undangan yang mempunyai kartu undangan untuk menghadiri acara di Istana Negara, maka silakan ditunjukkan kepada petugas supaya bisa kita berikan diskresi tidak terkena ganjil-genap," terang Sambodo.

Sambodo memastikan penjagaan di HUT RI besok akan berlangsung ketat tapi tetap humanis. Pihaknya telah menyiagakan pasukan pengamanan di seluruh ruas jalan Jakarta.

"Kurang-lebih untuk semua Jakarta saja, seluruh jalur kurang-lebih 300 anggota (polisi lalu lintas) yang kita kerahkan," pungkas Sambodo.

(ygs/mea)