Perjalanan Harga Tes PCR hingga Kini Jokowi Minta Maksimal Rp 550 Ribu

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 16:15 WIB
Ketersediaan tes dan pelacakan (tracing) Covid-19 di masyarakat sangat penting dalam menanggulangi pandemi. Kini layanan drive thru COVID hadir di tiga provinsi. Bandung salah satunya.
Tes PCR (dok. IntibiosLab)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar harga tes polymerase chain reaction (PCR) bisa diturunkan di kisaran Rp 450-550 ribu. Harga tes PCR sebelum distandardisasi bahkan pernah menyentuh angka jutaan rupiah.

Hal ini salah satunya diungkap oleh Satgas Penanganan COVID-19. Satgas mengungkap ada rumah sakit yang mematok harga tes PCR atau tes swab hingga Rp 2,5 juta. Padahal harga sekali pemeriksaan spesimen tidak lebih dari Rp 500 ribu.

"Demikian juga harga, ada rumah sakit yang mematok harga tes PCR swab sampai di atas Rp 2,5 juta. Padahal harga rutin atau harga yang bisa kita lihat sebenarnya tidak akan lebih dari Rp 500 ribu per unit atau per sekali pemeriksaan spesimen," kata Ketua Satgas COVID-19 saat itu Doni Monardo dalam rapat di Komisi VIII DPR, Kamis (3/9/2020).

Namun, tes PCR sebenarnya bisa dilakukan tanpa biaya jika dilakukan di puskesmas.

Karena harganya mahal, muncul dorongan agar harga tes PCR dan swab dikendalikan. Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani, mendorong pemerintah bisa mengendalikan harga tes swab. Menurutnya, dengan harga yang terjangkau, nantinya masyarakat akan sadar menjalani tes swab mandiri.

"Untuk harga pemeriksaan memang harus diberikan standar oleh pemerintah agar tidak menjadi bisnis bagi beberapa pihak. Selain itu, dengan harga yang terjangkau juga dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pemeriksaan mandiri, terutama masyarakat yang menyadari mereka dengan mobilitas tinggi ataupun meringankan instansi jika biaya terjangkau untuk melakukan pemeriksaan rutin bagi pegawai dengan mobilitas tinggi," kata Laura saat dihubungi detikcom, Minggu (28/9/2020).

Simak Video: Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 450-550 Ribu

[Gambas:Video 20detik]