Round-Up

Silang Pendapat Gubsu Edy-Gubri Syamsuar soal Lonjakan COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Agu 2021 07:22 WIB
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi.
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. (dok. Diskominfo Sumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saling silang pendapat gegara lonjakan kasus COVID-19 di Provinsi Riau. Gubsu Edy meminta Gubri Syamsuar tidak menyalahkan pendatang dari luar Riau terkait lonjakan kasus COVID-19 di wilayahnya.

Saling silang pendapat tersebut awalnya dimulai saat Gubri Syamsuar berbicara terkait ditemukannya kasus Corona varian Delta di wilayahnya. Dia meminta masyarakat waspada.

"Saya bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi ini agar kita bisa lebih waspada karena varian Delta sudah ditemukan di Riau," kata Syamsuar seperti dilansir Antara, Kamis (12/8/2021).

"Dan enam orang yang terinfeksi varian Delta tersebut berasal dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, dan Bengkalis, bahkan dua di antaranya sudah meninggal dunia," tambahnya.

Dia mengaku baru menyampaikan kabar tersebut karena hasilnya baru diketahui dari laboratorium di Jakarta. Syamsuar menyebut saat ini bersama pihak terkait sedang berupaya membeli alat yang bisa meneliti varian baru tersebut.

"Alat tersebut juga tidak ada di Riau sehingga harus dipesan dulu, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera tiba di Riau," katanya.

Lebih lanjut, Syamsuar menyebut pihaknya akan memperketat penyekatan ke wilayahnya. Saat inilah Syamsuar menyalahkan kondisi di mana terjadi mobilisasi warga pendatang ke wilayah Riau.

"Beberapa hari ini kita melihat ada tren kasus terdapat warga yang datang dari provinsi lain, dan jumlah kasus positifnya juga meningkat," katanya.

Simak tanggapan Gubsu Edy di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Amarah Gubsu Edy Saat Sidak 5 Kantor Dinas: Banyak yang Main-main!

[Gambas:Video 20detik]