Rayakan HUT RI di Rumah, Bisa Belanja hingga Ikut Lomba Virtual!

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 16:03 WIB
Anak-anak mengikuti perlombaan khas 17-an gigit koin yang digelar dalam acara festival Ciliwung di Jakarta, Selain memperingati Hari Kemerdekaan, Festival Ciliwung diadakan untuk mensyukuri kondisi Sungai Ciliwung yang dinilai sudah lebih baik. CNN Indoneia/Adhi Wicaksono.
Foto: Adhi Wicaksono
Jakarta -

Juru Bicara Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan aman di rumah. Salah satunya melalui platform Rumah Digital Indonesia (RDI). Menurutnya, banyak fitur di RDI yang bisa dinikmati untuk menyemarakkan momen Agustusan dari rumah bersama keluarga.

"Mulai dari berinteraksi virtual sesama pengunjung virtual, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal secara virtual," ujar dr. Reisa dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/8/2021).

Selain itu, ia mengatakan di RDI masyarakat juga bisa melakukan lomba dan permainan tradisional khas 17-an, seperti lomba balap dengan siapa pun dan dari mana pun. Sementara puncak perayaan Hari Kemerdekaan akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB melalui laman www.rumahdigitalindonesia.id.


Diketahui, RDI merupakan hasil kolaborasi bersama Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Luar Negeri.

"Jadilah anak bangsa yang membanggakan dan memberi teladan termasuk dengan menghindari menyelenggarakan perayaan hari kemerdekaan secara terbuka dan mengundang kerumunan. Kurangi risiko penularan COVID-19 dengan cara merayakan kemerdekaan di rumah secara digital," katanya.

dr. Reisa menambahkan masyarakat juga bisa mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual bersama Presiden Jokowi dan menyaksikan Paskibraka beraksi, baik upacara peringatan detik-detik proklamasi yang diselenggarakan pagi hari pukul 08.00 WIB atau upacara penurunan bendera pada sore hari pukul 14.30 WIB. Caranya cukup mendaftarkan diri ke https://pandang.istanapresiden.go.id/registrasi//.

"Jadi kita bisa tetap tujuh belas agustusan dengan aman bersama orang-orang tercinta di rumah yang nyaman. Demi Indonesia, kita pasti bisa. Selamat menyongsong hari merdeka," pungkasnya.

(mul/mpr)