3 Juta Warga DKI Enggan Divaksin Corona, Anies Bicara Kerja Bersama

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 14:13 WIB
Anies saat mengecek penyuntikan vaksin Corona dosis ketiga di Jakarta (Tiara-detikcom)
Anies saat mengecek penyuntikan vaksin Corona dosis ketiga di Jakarta. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyebut ada lebih dari 3 juta warga DKI yang enggan disuntik vaksin Corona atau COVID-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan vaksinasi merupakan proses bertahap.

"Kan ini sebuah proses ya, jadi proses vaksinasi itu bertahap. Alhamdulillah sebagian besar sudah tervaksin, kita tuntaskan," kata Anies di Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP), Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/8/2021).

Anies mengklaim ada 260 ribu orang yang disuntik vaksin Corona di Jakarta setiap hari. Dia yakin target 2 juta suntikan vaksin tercapai dalam 10 hari.

"Karena di Jakarta ini sekarang itu vaksinasi per hari bisa sampai 260 ribu. Jadi kalau sampai 260 ribu sehari, angka 2 juta itu rata-rata 10 hari bisa tercapai. Jadi kita kerjakan bertahap sampai tuntas," ujarnya.

Anies pun mengimbau warga Jakarta yang belum divaksin untuk segera mendapat vaksin Corona. Dia menyebut vaksin dapat mengurangi risiko gejala berat bila terpapar penyakit.

"Saya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bekali diri kita dengan perlindungan tambahan, perlindungan yang sekarang kita gunakan adalah masker, kemudian menjaga jarak, tapi tambahannya apa? Tambahannya adalah vaksin sehingga, kalaupun sampai terpapar, risiko terjadinya perberatan itu menjadi lebih kecil dan lebih kecil juga risiko fatalitas. Jadi ini adalah untuk kita melindungi semua dan itu dikerjakan secara bertahap," tuturnya.

Dia mengatakan data warga yang sudah dan belum divaksin merupakan suatu hal yang dinamis dapat berubah. Menurutnya, perlu kerja bersama agar vaksinasi Corona dapat segera dituntaskan.

"Jadi kalau nanti kita wawancara lagi 10 hari lagi barangkali angkanya (warga yang enggan vaksin) sudah hitungannya sudah menurun sekali. Jadi ini sesuatu yang bergerak dinamis dan kerja kolektif. Memang gerakan vaksinasi ini sangat masif mudah-mudahan segera tuntas," ucap Anies.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan masih ada lebih dari 3 juta warga Ibu Kota yang enggan divaksinasi COVID-19. Sampai saat ini, sudah 9 juta warga yang divaksinasi di Jakarta.

"Masih ada 3 juta lebih warga DKI yang belum berkenan dilakukan vaksinasi," kata Widyastuti dalam webinar yang disiarkan di YouTube LRT Jakarta, Jumat (13/8).

Sejauh ini, Widyastuti melaporkan, baru 5 juta warga ber-KTP Jakarta yang sudah divaksinasi Corona. Pihaknya akan berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin yang diberikan.

"Kami titipkan, kami mohon kepada Bapak-Ibu sekalian melalui berbagai media, berbagai komunikasi, mohon titip untuk bisa mengajak (warga)," imbuhnya.

(haf/haf)