Dinkes DKI: 3 Juta Warga Jakarta Belum Mau Divaksin COVID

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 18:46 WIB
Jakarta -

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkap masih ada lebih dari 3 juta warga Ibu Kota yang enggan divaksinasi COVID-19. Sampai saat ini, sudah 9 juta warga yang divaksinasi di Jakarta.

"Masih ada 3 juta lebih warga DKI yang belum berkenan dilakukan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam webinar yang disiarkan di YouTube LRT Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Sejauh ini, Widyastuti melaporkan, baru 5 juta warga ber-KTP Jakarta yang sudah divaksinasi Corona. Pihaknya akan berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin yang diberikan.

"Kami titipkan, kami mohon kepada Bapak-Ibu sekalian melalui berbagai media, berbagai komunikasi, mohon titip untuk bisa mengajak (warga)," imbuhnya.

Merujuk data corona.jakarta.go.id dilihat pukul 18.25 WIB, penyuntikan dosis pertama mencapai 8.861.264. Sedangkan dosis kedua sebanyak 4.007.949.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta menetapkan target baru dalam capaian vaksinasi COVID-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Pemprov DKI kini menargetkan 11 juta warga di Jakarta disuntik vaksin COVID-19.

Politikus Gerindra itu mengatakan upaya ini dilakukan demi menjamin seluruh warga Jakarta mendapatkan vaksin Corona. Dengan begitu, kekebalan komunal atau herd immunity segera tercapai.

Alasan lainnya adalah sampai saat ini baru 40 persen warga ber-KTP DKI yang bersedia disuntik vaksin Corona. Untuk itu, dia mengimbau warga agar segera mendatangi sentra vaksin terdekat.

(idn/idn)