Polda Metro Mulai Tempel Stiker ke Rumah Warga yang Belum Divaksin

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 14:11 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mulai memasangkan stiker pada rumah warga yang belum divaksinasi. Tujuannya untuk mengetahui berapa jumlah warga yang belum vaksin dan akan dilakukan pelayanan secara jemput bola.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengurus RT setempat dalam mendata warga yang belum divaksinasi. Nantinya para pengurus RT itulah yang akan menempelkan stiker di rumah warga yang belum divaksinasi COVID-19.

"Untuk tahu door to door di mana rumah yang belum divaksin, Pak RT yang tahu, Pak RT nanti yang tempel stiker," kata Yusri dalam keterangannya, Jumat (13/8/2021).

Selain itu, dalam mengejar herd immunity atau kekebalan komunal, pihak kepolisian bakal melakukan vaksinasi secara door to door. Polisi akan mendatangi rumah warga dan melakukan vaksinasi di lokasi.

"Kepolisian mengedepankan pendekatan door to door untuk mencapai target itu. Nanti Sabtu-Minggu mendekati tanggal 17 (Agustus) kita jemput bola. Karena sudah mulai sepi di gerai. Ada masyarakat yang nggak bisa jalan, tapi bisa divaksin sehingga kita jemput bola dengan melaksanakan door to door," papar Yusri.

Vaksinasi Merdeka Sudah 98,1 Persen

Program Vaksinasi Merdeka yang digagas Polda Metro Jaya ini telah dilakukan mulai 1 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Gerai-gerai vaksin itu tersedia di ratusan RW di Jakarta.

Yusri menyebut, berkat Vaksinasi Merdeka, total ada 98,1 persen warga Jakarta yang telah divaksinasi dosis pertama. Pihak kepolisian menargetkan ada 100 persen warga Ibu Kota sudah mendapatkan vaksin dosis pertama 16 Agustus nanti.

"Sampai hari ini sudah 98,1 persen Jakarta yang sudah divaksin. Jadi tinggal 180 ribu dari 9 juta warga Jakarta yang bekerja di Jakarta," pungkas Yusri.

261 Warga RW 07 Kebayoran Lama Belum Vaksin

Pemasangan stiker di rumah warga yang belum vaksin ini dimulai sejak beberapa hari lalu. Seperti salah satunya di rumah warga lingkungan RW 07 Kebayoran Lama, Jaksel.

"Vaksinasi Merdeka keliling permukiman Kebayoran Lama masih di RW 07, ada sekitar 261 warga yang belum divaksin," ucap Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Donni Bagus Wibisono, Kamis (12/8/2021).

Beberapa di antaranya memang tidak bisa divaksinasi karena alasan kesehatan.

"Itu belum dikurangi yang lagi isoman (isolasi mandiri) 18, gula, asma, dan lain-lain sekitar 30-an," ujarnya.

Simak video 'Polda Metro Akan Stikeri Rumah Warga yang Sudah Divaksin Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fjp)