Penjual Tak Mau Tanggung TV Rusak dalam Masa Garansi, Apakah Bisa Dituntut?

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 09:16 WIB
ilustrasi TV Kabel
Ilustrasi TV (Foto: inet.detik.com)
Jakarta -

Semua konsumen berharap barang yang dibelinya dalam keadaan baik. Tapi dalam kenyataannya, kerap ditemukan barang cacat sehingga mengecewakan konsumen. Apakah ada langkah hukum dalam kasus tersebut?

Hal itu menjadi salah satu pertanyaan pembaca detik's Advocate dalam surat elektronik. Berikut pertanyaannya:

Dear Tim Redaksi detikcom,

Saya mau bertanya terkait pasal UU Perlindungan Konsumen. Jadi saya membeli TV dengan garansi 4 tahun. Di tahun ke-2, TV saya rusak dan mengajukan klaim garansi. Namun karena seri TV saya sudah tidak memiliki sparepart TV, solusi yang bisa diberikan adalah tukar unit dengan seri lain.

Namun permasalahannya TV saya harganya Rp 9.624.000 ditukar dengan TV seharga Rp 4.599.000. Di mana spesifikasi dan fiturnya jauh sekali.

Apakah kasus ini melanggar UU Perlindungan Konsumen dan apa langkah yang sebaiknya saya ambil?

Terima kasih banyak

Untuk menjawab permasalahan di atas, detik's Advocate menghubungi advokat Edy Halomoan Gurning, SH, MSi. Berikut pendapat hukumnya:

Terima kasih atas pertanyaan yang telah saudara sampaikan.

Terlebih dulu kami menjelaskan tentang kewajiban pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Konsumen). Menurut Pasal 7 UU Konsumen, kewajiban pelaku usaha adalah:

- Beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya;
- Memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan;
- Memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
- Menjamin mutu barang dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang dan/atau jasa yang berlaku;
- Memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan;
- Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan;
- Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.