Polda Kalteng Gelar Vaksinasi Drive-thru, Targetkan 6.000 Dosis

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 17:03 WIB
Polda Kalteng
Foto: Polda Kalteng
Jakarta -

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) bersama Polres jajarannya kembali menggelar vaksinasi massal serentak di 14 Kabupaten/Kota. Kegiatan vaksinasi ini digelar secara drive thru atau Lantatur (layanan tanpa turun) dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo meninjau langsung kegiatan vaksinasi yang bertempat di Gerai Vaksin Presisi, Bundaran Besar, Jl. Yos Sudarso, Kota Palangka Raya hari ini. Ia didampingi oleh Wakapolda Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi dan sejumlah pejabat utama Polda Kalteng.

Dalam tinjauannya, Dedi menyampaikan pihaknya menargetkan 6.000 vaksinasi di 14 Kabupaten/Kota pada kegiatan vaksinasi kali ini. Adapun sasaran utama dari kegiatan ini antara lain lansia, pelayan publik, dan masyarakat umum.

"Vaksinasi massal ini diprioritaskan kepada orang lansia, pelayan publik, dan masyarakat umum dengan tujuan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok masyarakat," ungkap Dedi dalam keterangan tertulis, Kamis (12/8/2021).

Pada kesempatan ini, ia pun mengimbau kepada masyarakat yang belum atau yang sudah divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab menurutnya vaksin akan percuma jika protokol kesehatan malah diabaikan.

"Polda Kalteng akan terus berupaya mendukung program percepatan vaksinasi massal, baik dalam bentuk bantuan tenaga medis, pengamanan, antar jemput lansia yang akan divaksin dan lain sebagainya," terangnya.

Dedi pun menegaskan kegiatan vaksinasi massal drive thru ini menjadi salah satu upaya pihaknya dalam rangka percepatan vaksinasi untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kita ingin mempercepat program vaksinasi, salah satunya dengan vaksinasi drive thru ini sehingga warga Kalimantan Tengah lebih nyaman dan mudah untuk memperoleh vaksinasi tanpa harus berkerumun," pungkasnya.

Sebagai informasi, Dedi bersama rombongan turut memberikan bansos dan masker kepada masyarakat yang sudah menerima vaksin pada tinjauannya kali ini.

(akn/ega)