ADVERTISEMENT

Selain Nakes, Wabup-Kapolres Toraja Dapat Suntikan Vaksin Dosis Ketiga

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 16:15 WIB
Vaksinasi massal untuk pekerja digelar di Kawasan Industri Suryacipta Karawang. Kegiatan ini turut disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Para pekerja disuntik vaksin dalam kegiatan Vaksinasi Bersama BPJamsostek di Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Senin (09/08/2021).
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Agung Pambudhy/detikcom)
Makassar -

Beredar kabar pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendapatkan suntikan vaksin Corona dosis ketiga.

Kabar itu dibenarkan Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati. AKBP Yudha mengaku diundang Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang.

"Saya sebagai bagian dari Forkopimda Kabupaten Toraja Utara diundang Bupati untuk mendapatkan vaksin dosis ke-3," kata AKBP Yudha saat dimintai konfirmasi, Kamis (12/8/2021).

Pemberian suntikan vaksin Corona dosis ketiga disebut arahan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Dia mengatakan pemberian suntikan vaksin dosis ketiga juga diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes).

Forkopimda, yang menjadi bagian dari Satgas Penanganan Percepatan COVID-19, dianggap sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi Corona.

"Sesuai dengan arahan dari Plt Gubernur bahwa vaksin dosis ke-3 diperuntukkan bagi nakes dan Forkopimda karena dianggap sebagai bagian dari Satgas COVID, garda terdepan dalam penanggulangan wabah COVID yang terjadi di wilayah Toraja Utara," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, vaksin yang umum beredar di Indonesia adalah vaksin produksi Sinovac Biotech Ltd dan vaksin AstraZeneca. Kedua jenis vaksin itu sama-sama harus diterapkan ke manusia lewat dua kali penyuntikan dengan selang waktu berbeda.

Ada pula vaksin Moderna, yang datang diperuntukkan bagi nakes. Vaksin ini disebut sebagai booster dan hanya diperuntukkan bagi nakes.

Pemberian vaksin booster dalam rangka menjaga agar mereka bisa konsentrasi bekerja. Sebab, setiap hari berhadapan dengan pasien yang berpotensi terpapar COVID-19.

Pemberian vaksin dosis ketiga diharapkan dapat memberikan kekebalan yang maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus yang ada.

Simak Video: Penjelasan Epidemiolog Soal Pentingnya Booster Vaksin Covid-19 untuk Nakes

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/nvl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT