Polisi soal Penyekatan di Pekanbaru Bikin Macet: Mobilitas Warga Tinggi

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 14:46 WIB
Kemacetan di Pekanbaru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Kemacetan di Pekanbaru (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Kemacetan akibat penyekatan PPKM di Pekanbaru, Riau, masih terjadi di sejumlah jalan protokol siang ini. Penyebab kemacetan disebut masih tingginya mobilitas warga.

"Penyebab kemacetan di titik PPKM akibat mobilitas masyarakat masih tinggi. Sudah kami ingatkan untuk tetap di rumah, tetapi masih keluar hingga menimbulkan macet," ucap Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Riau AKBP Donni Eka, Kamis (12/8/2021).

Menurut Donni, kemacetan terjadi di titik-titik penyekatan karena banyak pengendara memaksa untuk melintas. Padahal di titik penyekatan hanya pekerja esensial dan yang masuk dalam peraturan PPKM yang boleh melintas.

"Banyak yang memaksa untuk bisa lewat. Padahal sudah jelas ada penyekatan dari tiga minggu lalu. Seharusnya masyarakat sudah tahu, jangan memaksakan diri," kata Donni.

Donni memastikan penyekatan dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Namun peralihan jalan, menurutnya, dilakukan untuk membatasi gerak masyarakat.

"Bukan dialihkan, kita sekat, kita suruh itu pulang. Untuk yang flyover, itu sebenarnya memang ditutup kecuali untuk esensial dan kritikal, tenaga medis atau pekerjaan yang diperbolehkan melintas," katanya.

Mantan Kapolres Muara Enim itu minta masyarakat mengurangi keluar rumah untuk menekan penyebaran COVID-19 di Riau. Dengan begitu, penyekatan di Bumi Lancang Kuning akan dikurangi.

Pantauan detikcom, kemacetan terjadi mulai Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Pepaya, dan Jalan Sudirman. Termasuk ruas jalan dalam kota juga ikut terimbas kemacetan. "Mari sama-sama kita kurangi mobilitas di luar rumah, sama-sama kita bantu untuk menekan penyebaran COVID-19. Ini kalau COVID-19 rendah, tentu PPKM juga dapat dikurangi, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat saat beraktivitas," katanya.

Khusus di Jalan Tambusai, kemacetan terjadi akibat adanya penyekatan tepat di persimpangan Jalan Tambusai-Jenderal Sudirman. Kemacetan terjadi mulai persimpangan hingga jalan Ahmad Dahlan.

(ras/isa)