Legislator Dukung Penuh Kemlu di Ribut Diplomat Nigeria Vs Imigrasi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 13:09 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Bobby Adhityo Rizaldi (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Diplomat Nigeria terlibat keributan dengan petugas Imigrasi yang berujung penarikan duta besar dari Indonesia. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mendukung penuh Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) dalam kasus ini.

"Kita dukung sikap Kemenlu, yang sudah menyampaikan secara objektif kronologi kejadian, yang mana diplomat Nigeria memulai tindakan yang tidak kooperatif dan memprovokasi aparat kita," ujar Bobby, Kamis (12/8/2021).

Bobby menyebut aksi Nigeria menarik duta besar sebagai bentuk 'cooling down' atau mendinginkan situasi yang panas. Bobby berharap kerja sama Indonesia dan Nigeria bisa terus dilanjutkan.

"Kita hormati aksi diplomatik Nigeria tersebut, dengan harapan agar bisa 'cooling down' atas peristiwa ini, dan hubungan bilateral kedua negara yang sudah baik tidak berubah. Hubungan kedua negara dilandasi rasa saling menghormati, juga saling menguntungkan, yang kita harapkan segera pulih kembali normal," katanya.

Bobby sedikit mengulas kisah pembentukan hubungan diplomatik Indonesia dan Nigeria. Bobby menyebut Indonesia sangat hormat terhadap Nigeria sebagai negara Afrika Sub-Sahara pertama yang membuka hubungan diplomatik.

"Dulu kan Indonesia yang memulai hubungan dengan membuka kedubesnya tahun 1965 di Lagos, baru disusul Nigeria buka kedutaannya tahun 1976, dan Indonesia sangat hormat pada Nigeria sebagai negara pertama Afrika Sub-Sahara yang membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia. Semoga sejarah panjang ini tetap membuat hubungan bilateral dengan Nigeria terjalin baik," ujar Bobby.

Respons Kemlu RI

Kemlu RI angkat bicara mengenai pernyataan pemerintah Nigeria itu. Juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengungkapkan pemerintah Indonesia dan pemerintah Nigeria telah melakukan serangkaian komunikasi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Sebagai dua negara bersahabat, pemerintah Indonesia dan pemerintah Nigeria telah melakukan serangkaian komunikasi intensif untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan insiden seorang diplomat Nigeria dengan petugas pengawasan keimigrasian Indonesia," ujar Faizasyah.

Simak Video: Kemenkum HAM Sebut Diplomat Nigeria dan Imigrasi Sudah Berdamai

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)