Ini Pusat Gempa M 7,1, Letaknya Dekat Filipina

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 02:18 WIB
Jakarta -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 mengguncang Melonguane, Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa berada di laut 267 Km timur laut Melonguane.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG, di akun Twitter-nya, Kamis (12/8/2021).

Gempa terjadi pada pukul 00.46 WIB di kedalaman 51 Km. Titik koordinat gempa 6,41 lintang utara dan 126,74 bujur timur.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG laman resminya.

Wilayah yang merasakan gempa Melonguane ini dalam skala MMI IV di Talaud, II-III di Sangihe, dan II-III Bitung. Belum diketahui ada tidaknya korban dan kerusakan dari gempa ini.

Skala MMI IV berarti jika terjadi di siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Skala II getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Pusat Gempa Dekat Filipina

Sementara itu, dilansir Reuters, Kamis (12/8/2021), menurut US Geological Survey, gempa berkekuatan M 7,1 melanda sekitar 63 km sebelah timur Pondaguitan di Filipina. Sistem peringatan tsunami AS mengeluarkan peringatan tsunami.

The Philippine Institute of Volcanology and Seismology (Phivolcs) mengatakan bahwa kerusakan dan gempa susulan diperkirakan terjadi, menurut CNN. Gempa itu berada pada kedalaman 65,6 Km.

The US National Weather Service mengatakan tidak ada risiko tsunami di Pantai Barat AS akibat gempa tersebut. Hawaii Emergency Management mengatakan Hawaii tidak menghadapi ancaman tsunami.

(rfs/rfs)