Banjir Rendam 5 Kecamatan di Aceh Jaya, 5.688 Warga Terdampak

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 23:26 WIB
Banjir landa lima kecamatan di Aceh Jaya
Banjir landa Aceh Jaya (Dok. BPBA)
Jakarta -

Banjir melanda lima kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh. Sebagian warga terpaksa mengungsi akibat rumah mereka terendam banjir.

Lima kecamatan terdampak banjir adalah Kecamatan Darul Hikmah, Sampoinet, Jaya, Indra Jaya, dan Setia Bakti. Banjir di sejumlah kecamatan tersebut terjadi sejak Rabu (11/8/2021) dini hari setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan terjadinya banjir dengan ketinggian 20-70 sentimeter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan.

Menurutnya, air yang merendam sejumlah desa tersebut hingga kini belum surut. Total keseluruhan warga terdampak banjir luapan berjumlah 1.684 keluarga atau 5.688 jiwa.

Ilyas menyebut warga di dua kecamatan, yakni Kecamatan Jaya dan Indra Jaya, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa warga disebut kembali ke rumah setelah sehari berada di pengungsian.

"Warga di Kecamatan Jaya dan Indra Jaya mengungsi ke balai desa atau dataran tinggi. Tapi ada juga yang sudah kembali ke rumah masing-masing," jelas Ilyas.

Dia mengatakan BPBD Aceh Jaya mengerahkan tim untuk mengevakuasi warga terjebak banjir. Petugas menyusuri desa dengan menggunakan rubber boat.

Sementara itu, di Aceh Besar, banjir merendam rumah warga di kompleks Villa Buana, Kecamatan Darul Imarah. Ketinggian air di sana disebut 30-40 sentimeter.

"Untuk korban terdampak banjir di sana masih dalam pendataan," ujar Ilyas.

(agse/rfs)