Panglima TNI Kirim Ribuan Alkes ke Sumatera, Ratusan Nakes ke DIY

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 20:50 WIB
Pesawat angkut bantuan alkes ke Sumatera (Dok TNI)
Pesawat mengangkut bantuan alkes ke Sumatera. (Dok TNI)
Jakarta -

Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara (AU) sibuk mengangkut bantuan terkait COVID-19 ke sejumlah wilayah di Tanah Air beberapa hari belakangan. Tiga hari terakhir, sang burung besi mengirimkan alat kesehatan (alkes) ke daerah Sumatera dan tenaga kesehatan (nakes) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), atas perintah Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hari ini, Selasa (10/8/2021), Hercules C-130 membawa 50 alat konsentrator oksigen dan 1.000 unit selang Nasal Cannula ke Lanud Sutan Sjahrir Padang, Sumatera Barat. Selanjutnya, 100 alat konsentrator oksigen dan 2.000 unit selang Nasal Cannula dikirim ke Lanud Suwondo Medan Sumatera Utara.

Hercules C-130 terbang dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma membawa 175 koli bantuan tersebut. Bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Pada Senin (9/8), Hercules C-130 juga mengirimkan bantuan alkes alat konsentrator oksigen dan selang Nasal Cannula ke Kepulauan Bangka Belitung.

Hari sebelumnya, Minggu (8/8), Hadi mengerahkan 122 nakes dari Prajurit Siswa Pa PK TNI khusus nakes untuk ditempatkan di 5 wilayah DIY. Ratusan nakes akan disebar ke Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

Bantuan alat kesehatan ke Sumatera (Dok TNI)Bantuan alat kesehatan ke Sumatera (Dok TNI)

Pengiriman ratusan pasukan ini dilakukan setelah Hadi mendengar keluhan kurangnya nakes saat beberapa kali mengunjungi kegiatan vaksinasi, pos PPKM, dan lokasi isolasi terpusat di DIY. Sebanyak 122 nakes prajurit TNI itu diberangkatkan dengan dua pesawat Hercules C-130 dari Lanud Halim Perdanakusuma.

"Negara sangat membutuhkan tenaga serta dedikasi kalian, karena kalian adalah garda terdepan dalam menghambat laju penularan COVID-19 di Tanah Air. Saya atas nama Panglima TNI mengucapkan apresiasi dan terimakasih serta penghargaan yang tinggi, dan saya juga mengucapkan terimakasih hingga saat ini semua Perwira Siswa masih dalam keadaan sehat," kata Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono saat melepas keberangkatan 122 nakes prajurit.

Ke-122 Prajurit Siswa Pa PK Khusus Nakes itu terdiri dari 88 dokter umum, 11 dokter gigi, 4 perawat, 8 apoteker, 2 fisioterapi, 1 petugas Radiologi, 3 ahli gizi, 1 petugas elektromedis, 2 analis medis, 1 petugas rekam medis, dan 1 perawat gigi.

(aud/isa)