Kemnaker Dorong BBPLK Semarang Jadi Wilayah Bebas Korupsi

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 19:27 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyambangi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah. Ini dilakukan dalam rangka menerapkan reformasi birokrasi dan Balai Latihan Kerja (BLK).

Anwar menyatakan langkahnya mendatangi BBPLK Semarang sebagai upaya mendukung fokus kerja pemerintahan, sehingga mampu menghasilkan SDM/ASN ketenagakerjaan yang kompeten dan profesional. Dia juga berkeinginan untuk menjadikan BBPLK Semarang sebagai salah satu institusi yang mampu mendorong dan memberikan kontribusi bagi peningkatan reformasi birokrasi.

"Salah satunya, kami ingin BBPLK Semarang menjadi satu andalan kita sebagai wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi yang bersih dan melayani," kata Anwar dalam keterangan tertulis, Selasa (10/8/2021).

Didampingi Kepala BBPLK Semarang Heru Wibowo, Anwar dalam arahannya menyampaikan dua pesan kepada pegawai di lingkungan BBPLK Semarang. Pertama, di masa pandemi COVID-19, dengan segala keterbatasan di tengah situasi sulit, Kepala BBPLK Semarang diminta tetap mampu mengendalikan jajarannya agar tidak menghentikan kreativitas meski bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"WFH itu bukan libur ya, Pak Heru, para Koordinator, Sub Koordinator, selaku pimpinan memiliki kewajiban untuk mengkoordinir para pejabat fungsional yang sudah diklasterkan dalam rumpun-rumpun sesuai dengan keahliannya. Kita ingin ke depan, terus melakukan perbaikan dan meraih kemenangan dalam kompetisi di masa depan," ujarnya.

Kedua, ia berpesan selain berpikir out of the box dan inovatif, maka BLK harus membuka diri, yakni melakukan kolaborasi jejaring kerja yang memiliki core (dasar) sama. Misalnya kolaborasi dengan kalangan perguruan tinggi maupun asosiasi desainer.

"Tidak mungkin kita memperoleh ide, kalau sementara ini, tanpa pernah dibarengi melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Tidak akan mungkin, karena sumber itu berasal dari luar," katanya.

Sementara itu, Kepala BBPLK Semarang, Heru Wibowo menegaskan bahwa seluruh jajaran BBPLK Semarang menyambut positif motivasi dari Sekjen Kemnaker untuk meningkatkan performa BBPLK Semarang dan Kemnaker dalam rangka reformasi birokrasi dan BLK.

"Untuk reformasi birokrasi, kami mendukung dan akan menciptakan itu semua di sini, sesuai arahan beliau," ujar Heru.

(mul/ega)