Uji Coba Dibuka, Pengunjung Mal Taman Anggrek Harus Tunjukan Bukti Vaksin

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 11:10 WIB
Pengunjung mal harus sudah divaksin di Mall Taman Anggrek
Pengunjung Mal Taman Anggrek harus sudah divaksinasi. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang, sejumlah pelonggaran mulai diterapkan. Salah satunya, pemerintah kini melakukan uji coba pembukaan mal dan pusat belanja di sejumlah kota.

Salah satu mal di Jakarta Barat, yaitu Mal Taman Anggrek, termasuk mal yang buka dalam penerapan uji coba. Mal ini menerapkan 25 persen kapasitas untuk setiap pengunjung yang masuk.

Pantauan detikcom pukul 10.00 WIB di pintu masuk mal, setiap pengunjung wajib menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi. Sebelum masuk area mal, mereka diwajibkan untuk men-scan barcode melalui aplikasi tersebut.

Dihubungi secara terpisah, Advertising and Promotion Manager Mall Taman Anggrek Elvira Indriasari mengatakan setiap pengunjung yang masuk nantinya akan diverifikasi melalui aplikasi tersebut.

"Iya jadi kan memang mal sudah mulai buka tapi harus cek kartu vaksin dari pemerintah, kita sudah galakkan PeduliLindungi itu. Nah nanti jadi ada semacem check in-check out memastikan mereka sudah verified, kalau mereka sudah (terverifikasi) bisa masuk," jelas Elvira saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/8/2021).

Pengunjung mal harus sudah divaksin di Mall Taman AnggrekPengunjung harus sudah divaksin di Mall Taman Anggrek (Karin Nur Secha/detikcom)

Setiap akses pintu masuk mal juga telah dijaga oleh petugas yang siap mengecek pengunjung. Selain itu, setiap pengunjung yang hendak masuk dimintai untuk mengecek suhu tubuh mereka.

Elvira memastikan setiap pengunjung yang diperbolehkan masuk ke area mal hanya yang sudah tervaksin dan sebanyak 25 persen dari kapasitas mal. Jika ada pengunjung yang belum tervaksin, tetapi hendak masuk ke area mal, dia memastikan pengunjung tersebut tidak boleh masuk.

"Ya kita mengarah pada instruksi dari Mendagri jaga kesehatan, yang pasti harus vaksin nomor satu. Nggak ada persiapan lain sih sejauh ini itu aja," jelas Elvira.

"(Kalau udah sampai mal tapi belum vaksin) tetep nggak boleh (masuk mal)," tegas Elvira.

Mal Taman Anggrek hari ini beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Elvira memastikan jika tenant yang beroperasi di mall ini hanya yang diperbolehkan beroperasi sesuai yang diizinkan oleh pemerintah.

Diketahui, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang, namun sejumlah pelonggaran mulai diterapkan. Uji coba pembukaan mal dan pusat belanja mulai dilakukan di sejumlah kota.

"Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan mal ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dengan kapasitas 25 persen selama seminggu ke depan, dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dalam siaran pers Senin (8/9/2021).

Tetap ada persyaratan yang harus dipenuhi. Selain kapasitas yang dibatasi hanya 25 persen, hanya yang sudah divaksinasi COVID-19 yang diizinkan masuk mal, ditunjukkan dengan sertifikat vaksin dari aplikasi PeduliLindungi.

Batasan lainnya adalah usia. Untuk saat ini, anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun belum diizinkan masuk mal.

(yld/yld)