e-Life

Penyakit Menular Seksual Intai Pelaku FWB

dtv - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 06:16 WIB
Jakarta -

Menjalani hubungan "Friends with Benefits" atau FWB, tiap pasangan memiliki pengertian dan tujuannya masing-masing. Ada yang sekadar butuh pasangan untuk menemani jalan-jalan, menjadi partner mengobrol, hingga untuk kebutuhan hubungan seks.

Bagi pasangan FWB yang melibatkan aktivitas seksual dalam hubungannya, tipe hubungan FWB ternyata cukup membahayakan dalam hal kesehatan reproduksi.

"Tentu berisiko terhadap infeksi menular seksual. Karena seperti pemahaman kita sendiri, FWB ini kan dia tidak terikat dengan satu orang. Berarti dia bebas mau melakukan dengan pasangan satu orang atau dengan dua orang, atau tiga orang atau bahkan lebih. Pasangan yang terdiri atas dua orang aja sudah berisiko, apalagi yang seperti ini," jelas Sex and Reproductive Health Content Creator, Janofah Chiny di acara e-Life detikcom.

Untuk mencegah bahaya infeksi menular seksual, maka Janofah menyarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi dan rutin cek kesehatan reproduksi.

"Kalau misalnya melakukan hubungan seksual, bisa dengan menggunakan kondom. Kemudian juga bisa dengan melakukan rutin pemeriksaan ke dokter. Jadi kalau yang cewek ke dokter SpOG, kalau cowok ke dokter andrologi. Nanti, pokoknya kalaupun misalnya belum tau spesialis dokternya apa, bisa langsung ke rumah sakit, klinik, ataupun ke puskesmas, konsul aja dulu ke dokter umum. Dengan adanya pemeriksaan rutin itupun kan misal ada gejala tertentu, itu bisa langsung di-cut penyakit yang lebih parah ke depannya," kata Janofah.

(gah/gah)