KPK Limpahkan Berkas Perkara Aa Umbara dkk ke Pengadilan Tipikor Bandung

Azhar Bagas - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 21:28 WIB
Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan barang COVID-19, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan anaknya, Andri Birawa mengenakan rompi tahanan dengan tangan terborgol di di Gedung KPK Jakarta, Jumat (9/4/2021. Keduanya ditahan KPK dalam perkara dugaan suap terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Aa Umbara diduga menerima suap Rp 1 miliar terkait kasus ini.
Bupati nonaktif KBB, Aa Umbara, bersama anaknya, Andri Wibawa (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK telah melimpahkan berkas perkara Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) nonaktif Aa Umbara Sutisna dkk ke Pengadilan Tipikor. Mereka akan segera disidang terkait kasus dugaan korupsi bansos COVID-19.

"Hari ini (9/8/2021) Jaksa KPK Budi Nugraha melaksanakan pelimpahan berkas perkara terdakwa Aa Umbara Sutisna dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Bandung," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Ali mengatakan berkas perkara itu meliputi Andri Wibawa, selaku anak Aa Umbara dan M Totoh Gunawan, selaku swasta. Penahanan para terdakwa itu sudah menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor.

"Penahanan para terdakwa beralih dan sepenuhnya menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor dan untuk sementara waktu tempat penahanan masih tetap dilakukan di Rutan KPK," ujar Ali.

Terdakwa Aa Umbara Sutisna sementara ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, Andri Wibawa di Rutan KPK Kavling C1, dan M Totoh Gunawan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Selanjutnya, Ali mengatakan tim JPU KPK masih menunggu penetapan majelis hakim dan jadwal persidangan. Sidang pertama adalah pembacaan surat dakwaan.

"Tim JPU kemudian menunggu penetapan penunjukan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda awal pembacaan surat dakwaan," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: