Evaluasi PPKM Jawa Bali Digelar Tiap 1 Pekan, di Luar Jawa Bali Setiap 2 Pekan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 20:22 WIB
Kelanjutan PPKM Level 4 Diumumkan Malam Ini, Simak Info Terbarunya!
Ilustrasi / Foto: Infografis detikcom/Denny
Jakarta -

Pemerintah memperbarui rentang evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Ada perbedaan frekuensi evaluasi di Jawa Bali dan luar Jawa Bali.

"Evaluasi untuk PPKM Jawa Bali dilakukan setiap 1 kali seminggu sementara untuk luar Jawa Bali akan dilakukan 1 kali dalam 2 minggu," kata Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers virtual pada Senin (9/8/2021).

Luhut menegaskan setiap langkah pemerintah sudah mempertimbangkan masukan para ahli. Perbedaan langkah penanganan di Jawa Bali dan luar Jawa Bali ini pun memiliki alasan tersendiri.

"Penanganan di luar Jawa Bali tidak bisa serta merta dibandingkan dengan Jawa Bali. Tantangan di luar Jawa Bali lebih besar dibanding di dalam Jawa Bali," ungkapnya.

Luhut mengatakan Presiden Jokowi adalah panglima penanganan pandemi di Indonesia. Luhut dan Airlangga memegang komando wilayah.

"Seperti organisasi di militer juga," ucap Luhut.

Untuk saat ini, pemerintah memperpanjang PPKM level 2-4 hingga 16 Agustus 2021. "Atas arahan presiden, PPKM 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus," kata Luhut.

(imk/fjp)