Legislator Prediksi Pemerintah Lanjutkan PPKM tapi Ubah Level

Eva Safitri - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 16:36 WIB
Pemberlakuan PPKM Darurat diperpanjang. Meski begitu, Jokowi akan melonggarkan PPKM Darurat pada 26 Juli 2021 mendatang bila kasus COVID-19 di RI menurun.
Ilustrasi pembatasan (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Anggota DPR Fraksi PAN, Saleh Daulay, memprediksi kebijakan PPKM akan tetap dilanjutkan. Saleh menilai pemerintah hanya mengubah level PPKM.

"Kalau dari kondisi yang ada, saya memperkirakan PPKM akan diperpanjang. Hanya saja, pemerintah akan menaikkan dan menurunkan levelnya saja. Bisa jadi di kota A levelnya turun ke 3, tetapi di kota B malah naik ke 4. Tergantung kondisi masing-masing," kata Saleh, kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

"Dengan adanya perbedaan level seperti ini, akan lebih memudahkan pemerintah untuk menerapkan kebijakan. Ibarat tone radio, ya tinggal memperbesar atau memperkecil saja. Tetapi kalau menutup PPKM, rasanya belum," lanjutnya.

Namun, menurutnya, pemerintah tentu akan mempertimbangkan sesuai hasil evaluasi atas sejumlah hal. Secara umum, menurutnya, ada penurunan dibanding sebelum PPKM, tapi dia menilai penurunan itu belum signifikan.

"Ya, keputusan untuk melanjutkan atau melonggarkan pasti didasari oleh evaluasi tersebut. Secara umum, memang ada penurunan. Tingkat hunian RS, orang yang terpapar, jumlah orang yang meninggal, dan yang isolasi mandiri juga turun," ucapnya.

Meski begitu, anggota Komisi IX DPR ini mengingatkan pemerintah tetap memaksimalkan jaring pengaman sosial. Sebab, kebijakan PPKM ini sangat berdampak kepada masyarakat kalangan bawah.

"Saya kembali mengingatkan agar pemerintah mempersiapkan jaring pengaman sosial secara benar dan tepat sasaran. Kebijakan pengetatan pasti akan menyulitkan dan berdampak pada ekonomi masyarakat kecil dan menengah. Pada titik ini, pemerintah harus hadir memberikan solusi. Mereka harus diberdayakan dan tidak boleh dilupakan," ujar Saleh.

Terkait adanya usulan agar mal dibuka, Saleh mengatakan pemerintah perlu mempertimbangkan masukan dan aspirasi masyarakat. "Saya dengar ada usulan kalau mal dibuka, pengunjungnya diminta untuk menunjukkan kartu vaksin. Ini perlu dipertimbangkan. Mungkin ada lagi klausul lain yang dinilai perlu untuk melengkapi," ujarnya.

Seperti diketahui, kebijakan PPKM level 3-4 berakhir hari ini. Pemerintah akan mengumumkan kelanjutan PPKM ini nanti malam.

Simak kasus harian COVID-19 yang naik-turun dalam seminggu terakhir. Rata-rata tambahan kasus berada di atas angka 30 ribuan.

8 Agustus 26.415
7 Agustus 31.753
6 Agustus 39.532
5 Agustus 35.764
4 Agustus 35.867
3 Agustus 33.900

(eva/gbr)