Apa Kitab Suci Allah SWT yang Pertama Kali Diturunkan kepada Manusia?

Rahma Indina Harbani - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 06:05 WIB
al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260

Di sana Nabi Musa berpuasa selama 40 hari. Dan dalam keadaan suci, Nabi Musa mendengar firman Allah SWT secara langsung. Ia lalu dikaruniai kitab Taurat yang berisi pedoman hidup bagi umatnya.

Hal ini dikisahkan dalam firman Allah QS. Thahaa ayat 9-14:

وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ مُوسَىٰ

إِذْ رَأَىٰ نَارًا فَقَالَ لِأَهْلِهِ امْكُثُوا إِنِّي آنَسْتُ نَارًا لَعَلِّي آتِيكُمْ مِنْهَا بِقَبَسٍ أَوْ أَجِدُ عَلَى النَّارِ هُدًى

فَلَمَّا أَتَاهَا نُودِيَ يَا مُوسَىٰ

إِنِّي أَنَا رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ ۖ إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى

وَأَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوحَىٰ

إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

Artinya: "Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa? Ketika ia melihat api, lalu berkatalah ia kepada keluarganya: "Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk di tempat api itu." Maka ketika ia datang ke tempat api itu ia dipanggil: "Hai Musa. Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada dilembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku." (QS. Thahaa: 9-14).

Kitab Taurat ini diturunkan oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada Bani Israil agar mereka senantiasa berada di jalan kebenaran. Kemudian kitab Zabur dan Kitab Injil diturunkan setelahnya untuk menyempurkan kitab Taurat yang dibawa oleh Nabi Musa.

Sementara itu, untuk kitab yang terakhir diturunkan adalah Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran diturunkan dengan bahasa Arab untuk semua kalangan, bukan hanya umat tertentu. Keberadaan Al Quran inilah sebagai penyempurna bagi kitab-kitab terdahulu.

Dapat disimpulkan bahwa kitab suci yang pertama kali diturunkan Allah kepada manusia sebagai pedoman hidup pada zamannya adalah kitab Taurat. Semoga penjelasan di atas dapat meningkatkan iman kita. Aamiin.


(rah/nwy)