Sepekan Usai Diretas, Situs Setkab Masih Proses Pemulihan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 09:00 WIB
Situs Setkab RI diretas, 31 Juli. (Tangkapan layar Google)
Situs Setkab RI diretas, 31 Juli. (Tangkapan layar Google)
Jakarta -

Situs Sekretariat Kabinet (Setkab) masih belum normal setelah diretas. Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab Said Muhidin menyebut proses perbaikan masih dikerjakan.

"Saat ini masih proses pemulihan. Semoga secepatnya bisa normal kembali. (Target) secepatnya," kata Said saat dihubungi, Minggu (8/8/2021).

Saat dibuka halaman resmi Setkab, https://setkab.go.id, hanya muncul tulisan pemberitahuan. Pemberitahuan itu tertulis, "Kami akan segera kembali. Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya. Saat ini kami melakukan update sistem."

Setgab pun menambah tingkat keamanan situs usai peristiwa peretasan. "Tentu ada penguatan keamanan agar tidak mudah diretas lagi," katanya.

Diketahui, Situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) RI mengalami peretasan. Foto Dede Lutfi Alfiandi 'pembawa bendera' sempat muncul di tampilan situs Setkab.

Alamat situs Setkab RI adalah www.setkab.go.id. Saat detikcom mencoba mengaksesnya pada Sabtu (31/7), pukul 12.00 WIB, situs ini tidak bisa diakses.

Dua pelaku peretasan situs Setkab RI ditangkap Bareskrim Polri. Motif kedua pelaku diduga untuk mencari keuntungan.

Berdasarkan informasi dihimpun detikcom, Minggu (8/8/2021), kedua pelaku berinisial BS (18) alias Zyy dan MLA (17) alias Lutfifakee itu mencari untung lewat penjualan script backdoor dari situs yang menjadi target. Bahkan pelaku BS diketahui telah meretas website dalam negeri ataupun luar negeri sebanyak 650 website.

Atas penangkapan dua pelaku itu, Said menyerahkannya kepada proses hukum. Dia berharap pelaku dihukum.

"Kami serahkan kepada aparat hukum dan pelakunya dihukum sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

Simak juga video 'Server Disdukcapil Subang Sempat Diretas, Warga Takut Data Disalahgunakan':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/lir)