Anggota DPRD DKI Setuju Jika Jakarta PPKM Level 3, tapi Prokes Diperketat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 07:53 WIB
Siapa Influencer Ngaku-ngaku Vaksin Ketiga di DPRD DKI?
Ilustrasi/Gedung DPRD DKI (Foto: Rifkianto Nugroho0
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta tidak mempermasalahkan jika DKI Jakarta turun level PPKM menjadi PPKM Level 3. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta, Johny Simanjuntak setuju jika Jakarta menjadi PPKM Level 3. Namun, perlu ada pengetatan pengawasan.

"Saya setuju saja dengan catatan, agar Pemprov melibatkan aparat untuk melakukan pengawasan di tempat potensial di lokasi kerumunan orang. Itu harus, karena bagaimanapun, di masyarakat kita mereka perlu juga diawasi," kata Johny saat dihubungi Minggu (8/8/2021).

Bagi politikus PDIP tersebut, Pemprov harus bisa menilai daerah mana yang protokol kesehatan ketat dan mana yang longgar. Pada daerah rawan pelanggaran protokol kesehatan (prokes), pengawasan itu diperketat.

"Jangan lagi Pemprov main di ranah mal. Itu agak kecenderungan penyebaran jarang masif, di sana karena protokol kesehatan kuat. Yang dicemari permukiman masyarakat, di pasar tradisional, pabrik untuk diawasi," katanya.

Gerindra Minta Pemerintah Lindungi Rakyat Kecil

Fraksi Gerindra DKI Jakarta menyebut masyarakat tidak mementingkan status PPKM. Yang lebih penting adalah masyarakat bisa bertahan hidup selama pandemi.

"Itinya PPKM mau level berapapun. Bagi masyarakat bukan persoalan penting lagi. Yang paling penting bagi mereka, bagaimana mengatasi kejenuhan dan urusan kampung tengah (perut) yang perlu dikompromikan. Orang bisa tidak ke mall tapi tidak mungkin bisa menahan lapar berkepanjangan, kan," kata Ketua Fraksi Gerindra DKI Jakarta Rani Mauliani, saat dihubungi.

Bagi Rani, masyarakat membutuhkan bantuan di tengah pandemi. Seperti diketahui, salah satu efek pandemi adalah ekonomi masyarakat yang menurun, khususnya kalangan masyarakat menengah ke bawah.

"PPKM level berapa pun, sebagai masyarakat pasti hanya bisa menerima keputusan tersebut. Tapi mohon dibantu juga dibantu para masyarakat yang di golongan menengah ke bawah agar bisa bertahan dengan sabar selama PPKM dilaksanakan," katanya.

Diketahui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di DKI Jakarta berakhir hari ini. Pemprov DKI Jakarta bakal mengikuti kebijakan pemerintah pusat soal perpanjangan PPKM nanti.

"Pemerintah pusat akan mengambil kebijakan apakah PPKM level 4 dilanjutkan atau diturunkan levelnya. Tentu Pemprov menunggu keputusan pemerintah pusat," kata Wagub DKI Riza Patria.

"Pemerintah pusat memiliki data fakta dan itungan didukung para ahli, para epidemiologi semua yang akan membantu. Jadi kami siap saja melaksanakan apapun kebijakannya, dilanjutkan, dikurangi atau dilonggarkan kami akan laksanakan sebaik mungkin," tutur Riza.

Lantas apakah ada pembahasan soal kemungkinan PPKM di Jakarta turun ke level 3?

"Semuanya dibahas setiap saat. Kami rapat dengan pemerintah pusat, dengan Pak Menko, semuanya. Semua kemungkinan dibahas," jelas Riza.

Simak juga video 'Pertimbangan Epidemiolog soal Perlu Tidaknya PPKM Diperpanjang Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/lir)