Wanti-wanti Jokowi pada Pergeseran Lonjakan COVID ke Luar Jawa-Bali

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 08:21 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan adanya pergeseran lonjakan COVID-19 dari Jawa-Bali ke provinsi lain di luar Jawa dan Bali. Jokowi meminta agar pergeseran ini direspons cepat.

"Respons cepat, karena kelihatannya ini terjadi pergeseran lonjakan dari Jawa Bali menuju ke keluar Jawa-Bali," kata Jokowi dalam rapat yang disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (7/8/2021).

Jokowi menyoroti wilayah luar Jawa-Bali lataran semenjak 25 Juli 2021 mulai ada peningkatan kasus COVID-19. Dia mencatat sejumlah wilayah di luar Jawa-Bali berkontribusi 13.200 kasus COVID-19 atau 34 persen dari kasus baru secara nasional.


Kemudian, Jokowi menyebut kenaikan kembali terjadi pada 6 Agustus 2021 ke angka 21.374 kasus atau 54 persen dari total kasus baru secara nasional. Dia lantas meminta agar kenaikan dalam 2 minggu terakhir tersebut direspons cepat.Jumlah tersebut semakin meningkat pada awal Agustus. "Lihat per 1 Agustus naik menjadi 13.589 atau 44 persen dari total kasus baru secara nasional," ucap Jokowi.

"Dan saya perintahkan kepada Panglima, kepada Kapolri, untuk betul-betul mengingatkan selalu kepada pangdam, kapolda, danrem, dandim, kapolres untuk betul-betul merespons secara cepat dari angka-angka yang tadi saya sampaikan," ujar Jokowi.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.