Round-Up

Turun Tangan Polisi Usut Helm Dishub Depan Kantor Anies Dicuri

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 20:10 WIB
Pencurian helm Dishub di depan Balai Kota DKI Jakarta terekam CCTV (tangkapan layar video)
Foto: Pencurian helm Dishub di depan Balai Kota DKI Jakarta terekam CCTV (tangkapan layar video)
Jakarta -

Polisi turun tangan mencari tahu pelaku pencurian helm Dishub DKI di Kantor Gubernur dan Wakil Gubernur. Aksi pencurian helm Dishub DKI itu viral di media sosial.

Aksi pencurian yang terekam itu memperlihatkan seseorang memakai helm hitam mengambil helm berwarna putih yang diletakkan di motor petugas Dishub. Dari rekaman video itu, terlihat motor parkir di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Si pencuri itu naik motor melintas di depan Balai Kota DKI Jakata di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/8). Kemudian, ketika dia berhenti sejenak melipir ke sisi kiri jalan dekat motor Dishub.

Sebelum mengambil helm Dishub pelaku sempat maju dan memundurkan motornya sambil memperhatikan dan mengawasi lingkungan sekitar. Tak lama kemudian, tangan kirinya langsung meraih sebuah helm petugas Dishub yang berada di atas motor yang terparkir di sisi kiri jalan.

Dalam video, tidak tampak petugas Dishub di sekitar lokasi. Pelaku tampak dengan santai kabur setelah membawa helm milik petugas.

Polisi Turun Tangan

Kapolsek Metro Gambir, AKBP Kade Budiyarta mengatakan pihaknya akan mencari tahu pelaku pencurian helm ini. Namun, dia mengaku belum mengetahui adanya pencurian tersebut.

"Iya (terjadi di depan Balai Kota DKI Jakarta). Kami sedang laksanakan lidik (penyelidikan). Peristiwa terjadi Kamis (5/8) jam 9 pagi. Namun laporan resmi belum ada," kata Kapolsek Gambir Kade Budiyarta saat dihubungi detikcom, Sabtu (7/8/2021).

Hal senada juga dikatakan Kanit Reskrim Polsek Gambir, AKP Donny Agung Harvida mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi pencurian. Sejumlah saksi hingga CCTV di lokasi pun telah diambil oleh polisi.

"Kalau nggak salah itu (peristiwa pencurian terjadi) di pintu lawang 3 depan Balkot. CCTV baru satu itu aja yang sesuai tersebar. Kalau sudut pandang yang lain belum kelihatan," ujar Donny.

Menurut Donny, saat ini pihaknya masih berupaya mengumpulkan CCTV di lokasi dari sudut pandang lain. Pasalnya, identifikasi pelaku lewat satu CCTV yang telah diamankan masih belum menemui titik terang.

"Pelat motornya (pelaku) belum terlihat itu jauh dari sana. Kita masih mau cari CCTV dari sudut pandang lain," ungkap Donny.

(zap/maa)