Kapolri Imbau Warga yang Terpapar COVID Datang ke Lokasi Isolasi Terpusat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 19:33 WIB
Kapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi isoter di Sulsel
Kapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi isoter di Sulsel (Foto: dok istimewa)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau langsung Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT). Ini merupakan program Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam menangani COVID-19.

FIT merupakan tempat isolasi mandiri terpusat (isoter) bagi masyarakat Sulsel yang terpapar virus Corona. Di lokasi, Sigit berinteraksi langsung dengan dokter yang bertugas dan pasien yang dirawat.

Sigit mengatakan saat ini isoter merupakan lokasi isolasi mandiri paling efektif bagi masyarakat yang sedang terpapar Corona. Tempat ini melindungi keluarga ataupun kerabat dari bahaya paparan COVID-19.

"Alhamdulillah, jadi, Pak Dokter, kondisi peralatan di sini ini harus disampaikan ke masyarakat bahwa di tempat isoter itu enak dan itu pilihan yang baik buat keluarga. Daripada keluarga atau saudara ada yang terkonfirmasi karena kontak erat," kata Sigit dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).

Sigit mengimbau masyarakat segera menuju fasilitas isoter apabila dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Nantinya, warga bakal diperlakukan dengan baik untuk menjalani isolasi mandiri hingga dinyatakan sembuh.

"Lebih baik, begitu positif, langsung ke isoter. Ini harus disampaikan ke masyarakat," ujar Sigit.

Kapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi isoter di SulselKapolri dan Panglima TNI meninjau lokasi isoter di Sulsel (Foto: dok istimewa)

Dalam interaksinya, Sigit sempat bertanya kepada seorang pasien terkait fasilitas dan kondisi di tempat isoter tersebut. Pasien yang merupakan seorang perempuan itu menjawab, seluruh fasilitas di tempat isoter tersebut sangat baik dan nyaman. Ia juga mengaku atas inisiatif sendiri datang ke isoter tersebut.

"Alhamdulillah selama ini bosan itu tidak ada, karena fasilitas makanan bagus, saya tambah sehat. Atas keinginan sendiri dan mendengar informasi kalau di sini disediakan tempat isolasi untuk pasien COVID seperti saya," ucap pasien tersebut.

Selanjutnya, Sigit juga berinteraksi dengan seorang dokter untuk menanyakan kondisi para pasien yang dirawat di isoter tersebut. Pasalnya, masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di tempat itu jauh lebih membaik.

"Alhamdulillah pasien semua sembuh. Kemarin ada 1 orang yang bergejala sedang sampai saturasinya turun 91 persen kita rujuk ke rumah sakit (RS)," tutur dokter tersebut ke Kapolri.

Sigit meminta kepada dokter tersebut untuk mempertahankan kualitas dan fasilitas yang sudah baik di tempat isoter tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri juga menyerahkan bantuan kepada Pemprov Sulsel berupa konsentrator oksigen dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bantuan ini diharapkan bisa membantu penanganan pasien COVID-19 lebih baik.

Program FIT bekerja sama dengan lembaga pemerintah, kementerian, dan BUMN yang memiliki sarana gedung diklat, di antaranya, Asrama Haji Sudiang, Kemenag, yang memiliki 1.500 tempat tidur, BPSDM Provinsi Sulsel, Balai Diklat BPK RI, gedung Diklat PLN Makassar, gedung Sentra Pendidikan Bank BRI, gedung LPMP Sulawesi Selatan, gedung Puslatbang HMP LAN, gedung Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, gedung PPSDM Kemendagri Regional Makassar, gedung Diklat PUPR Wilayah VII Makassar, dan gedung BBPKS Regional V Makassar.

(hri/hri)