Polisi Tangkap Terduga Pelaku Pembakaran Hutan di Sekitar Danau Toba

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 13:22 WIB
Kebakaran hutan di sekitar Danau Toba (dok. BPBD Karo)
Foto: Kebakaran hutan di sekitar Danau Toba (dok. BPBD Karo)
Jakarta -

Polisi mengamankan seseorang berinisial RL yang diduga sebagai pelaku pembakaran hutan di pinggiran Danau Toba. RL diamankan oleh tim Polres Samosir.

"Sudah diamankan. Satu orang berinisial RL," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi dimintai konfirmasi, Sabtu (7/8/2021).

Hadi tidak menjelaskan secara detail proses penangkapannya serta lokasi tepat hutan yang dibakar oleh RL. Hadi menuturkan RL memiliki tujuan tertentu saat membakar hutan itu.

"Berdasarkan keterangannya, dia membakar untuk membuka lahan dengan harapan setelah ilalang itu terbakar maka akan tumbuh rumput baru untuk makan ternak dia," ucap Hadi.

Untuk diketahui, kebakaran hutan terjadi di Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang berdekatan dengan wilayah Danau Toba. Api membakar area sepanjang 1 kilometer.

"Iya (kebakaran hutan), panjang api mencapai 1 km," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin, saat dimintai konfirmasi, Kamis (5/8).

Kebakaran hutan terjadi sejak Rabu (4/8) pukul 09.00 WIB. Diketahui, juga ada puluhan hektare lahan yang terletak di Bukit Siattar Atas, Desa Silalahi 3, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut), juga terbakar.

Lokasi kebakaran itu dekat dengan tempat wisata alam Bukit Gajah Bobok. Penyebab kebakaran lahan di dekat Danau Toba ini masih terus diselidiki.

Simak juga 'Warga Parbulu Audiensi dengan Bareskrim Soal Limbah Toba Pulp Lestari':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)