Round-Up

Mencuat Kritik di Sana-sini Berakhir Dipecatnya Pinangki

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 06:26 WIB
Jaksa Pinangki Sirna Malasari terus menjadi buah bibir. Usai ditangkap terlibat dalam kasus Djoko Tjandra, kini gaya hidup mewahnya pun tak luput dari sorotan media. Ini potretnya.
Pinangki Sirna Malasari (Foto: dok. Pribadi/Instagram @pinangkit)
Jakarta -

Pinangki Sirna Malasari akhirnya resmi dipecat dari profesinya sebagai PNS maupun jaksa. Pemecatan itu dilakukan pasca-kritik mencuat lantaran terpidana kasus suap itu tak kunjung didepak dari Korps Adhyaksa.

Kritik itu sebelumnya dilontarkan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). MAKI geram lantaran meski sudah dinyatakan bersalah, Pinangki masih berstatus sebagai jaksa dan belum dipecat.

"Bahwa sampai sekarang belum dicopot dari PNS-nya. Sekarang ini semestinya segera diproses untuk diberhentikan secara tidak hormat. Sekarang, statusnya hanya nonaktif saja," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman sebagaimana disalin dari tayangan Mata Najwa, Kamis (5/8/2021).

Karena masih berstatus jaksa nonaktif, Pinangki masih mendapat gaji dari negara, yang dikumpulkan dari pajak masyarakat. Boyamin pun menyayangkan sikap Jaksa Agung ST Burhanuddin yang tidak langsung memecat Pinangki.

"Masih dapat gaji dari negara memang betul. Itu segera cepat diberhentikan dengan tidak hormat dalam rangka supaya negara tidak membiayai/menggaji orang yang namanya koruptor," pinta Boyamin.

Kritik lantaran Pinangki tak jua dipecat itu juga disampaikan berbagai pihak. Kritik pun bertebaran di media sosial dari netizen.

Kritik ini pun bukan yang kali pertama. Sebelumnya, kritik juga membombardir Kejaksaan Agung lantaran Pinangki tak kunjung dijebloskan ke penjara meski telah divonis 4 tahun. Pinangki dinilai diistimewakan. Apalagi, sebelumnya, hukumannya juga disunat Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dari 10 tahun penjara ke 4 tahun saja.

Usai kritik mencuat, Pinangki pun lantas dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang.

Kejagung Klarifikasi

Dibombardir kritik, Kejagung pun memberikan klarifikasi terkait Pinangki yang masih menerima gaji. Kejagung mengklaim Pinangki tak lagi menerima gaji sejak bulan September 2020.

Kejagung juga menyebut Pinangki telah diberhentikan sementara dari jabatan PNS. Karena itu, Pinangki tidak lagi berstatus jaksa.

"Kami sampaikan bahwa gaji Pinangki Sirna Malasari sudah tidak diterima (diberhentikan) sejak September 2020, sedangkan tunjangan kinerja dan uang makan juga sudah tidak diterima lagi oleh yang bersangkutan (diberhentikan) sejak Agustus 2020," kata Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Simak video 'Jaksa Pinangki Dipecat Kejagung, Ini Dasar Hukumnya':

[Gambas:Video 20detik]



Kritik mencuat, Pinangki pun akhirnya dipecat. Simak selengkapnya di halaman berikut.