Kirim Bantuan ke Sumsel, Bos Sido Muncul: Semoga Jadi 'Obat Kecewa'

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 19:39 WIB
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat
Foto: Sido Muncul
Jakarta -

Masyarakat sempat dibuat geger dengan adanya isu terkait bantuan penanganan COVID-19 dari keluarga Akidi Tio. Belakang diketahui donasi senilai Rp 2 triliun tersebut hanyalah gurauan alias prank.

Menanggapi hal ini, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat pun ikut buka suara. Menurutnya, tradisi penyerahan sumbangan pada umumnya dilakukan secara simbolis terlebih dahulu. Bukan langsung diberikan dalam bentuk kontan.

"Selamanya selalu harus publikasi dulu. Uangnya belakangan. Saya bilang kalau tradisi sumbangan selalu seperti ini," ujarnya di Kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Lebih lanjut Irwan menceritakan beberapa kegiatan pemberian bantuan dari Sido Muncul juga dilakukan secara simbolis dengan menggunakan styrofoam. Baru kemudian direalisasikan, disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan kesepakatan di awal.

"Saya cerita waktu (sumbangan untuk) Nanggala, NKRI peduli itu semuanya selalu pakai styrofoam. Nggak ada uang kontannya ditunjukkan," katanya.

"Terus yang kemarin (bantuan) Rp 600 miliar dari pengusaha peduli selalu mesti pakai seperti ini. Uangnya belum ada juga," imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Irwan, guna mengobati rasa kecewa masyarakat Sumsel yang gagal menerima bantuan Rp 2 triliun tersebut Sido Muncul menyerahkan sumbangan senilai Rp 500 juta melalui Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

"Makanya saya berpartisipasi (menyumbang). Jumlahnya nggak memadai (banyak), tapi minimal tombo gelo (mengobati kecewa) masyarakat yang dijanjiin, ternyata nggak ada (sumbangannya)," tuturnya.

Di acara penyerahan bantuan secara virtual kepada Kapolda, Irjen Eko Indra Heri Irwan menegaskan kepercayaannya kepada pihak Polri. Ia yakin Polda Sumsel bisa menjalankan amanah dan membagikan bantuan tersebut dalam bentuk paket beras kepada warga.

"Untuk kepada Bapak Kapolda dan Polri, saya cuma bisa mengucapkan doa. Dan saya tetap percaya kepada Polri," tandasnya.

Irwan berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat, terutama bagi masyarakat setempat yang ikut terkena dampak pandemi COVID-19.

"Kepada masyarakat Sumsel, semoga bantuan kami bermanfaat. Saya percaya pasti ada sumbangan lainnya," pungkasnya.

(ega/ega)