PPKM di Bandung Berakhir Tanggal Berapa? Ini Infonya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 17:00 WIB
PPKM di Bandung Berakhir Tanggal Berapa? Ini Info Terbarunya
PPKM di Bandung Berakhir Tanggal Berapa? Ini Info Terbarunya (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

PPKM di Bandung berakhir tanggal berapa mulai jadi sorotan. Diketahui Kota Bandung masuk dalam salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang melaksanakan perpanjangan PPKM level 4.

Kategori PPKM di Indonesia sudah dijelaskan sebelumnya dalam 3 Instruksi Mendagri, yakni No 27, 28 dan 29 Tahun 2021. Pemerintah Kota Bandung turut menjalankan aturan-aturan yang tertuang di dalam Inmendagri tersebut.

Lalu PPKM di Bandung Berakhir Tanggal Berapa?

Merujuk kembali pada pengumuman Presiden pada 2 Agustus 2021 lalu, PPKM level 3-4 kembali diperpanjang. Perpanjangan dimulai pada tanggal 3 hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Dengan demikian PPKM di Bandung sementara akan berakhir di tanggal yang sama.

Namun hingga kini belum ada penjelasan, apakah setelah tanggal 9 aturan PPKM akan benar-benar diakhiri atau ada mekanisme lainnya yang akan ditentukan pemerintah pusat.

Pengawasan Dilakukan di Sejumlah Toko-Rumah Makan

Meski PPKM di Bandung berakhir tanggal berapa belum diketahui pasti, sejumlah aturan mulai dilonggarkan. Namun Pemkot Bandung akan mengawasi toko hingga rumah makan yang mulai diberi kelonggaran.

"Kita akan bersinergi dengan Pemkot dan TNI dalam kebijakan sesuai Perwal. Kita akan melakukan pengawasan terhadap toko dan rumah makan yang saat ini sudah diberikan kelonggaran," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, pelonggaran juga sudah dilakukan di titik-titik penyekatan ruas jalan di Kota Bandung. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya ditutup, kini telah dibuka kembali.

Sayangnya, mal-mal di Bandung masih belum diperbolehkan buka. Hal ini mengacu pada status Bandung yang masuk PPKM level 4 sesuai Inmendagri No 27/2021 yang melarang mal dibuka.

"Mal belum boleh buka dan Kota Bandung patuh terhadap kebijakan pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasilah saat dihubungi detikcom, Jumat (6/8/2021).

Simak juga video 'Tren Mobilitas Masyarakat Meningkat, Potensi Penularan Mengintai':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)