13 Nama Lain Hari Akhir yang Perlu Diketahui Umat Islam

Kristina - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 06:05 WIB
kiamat
Foto: via Brainberries
Jakarta -

Beriman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Peristiwa datangnya hari tersebut sudah tertulis dengan jelas dalam Al Quran.

Hari akhir adalah hancurnya alam semesta beserta seluruh isinya atas kehendak Allah SWT. Hari ini merupakan hari berakhirnya seluruh proses kehidupan makhluk hidup di dunia. Hari akhir disebut juga dengan hari kiamat.

Datangnya hari akhir merupakan sebuah kepastian. Dalam surat Al Hajj ayat 7, Allah SWT berfirman:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ - ٧

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al Hajj: 7).

Hari akhir ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh malaikat Izrail. Kerusakan yang terjadi pada hari akhir digambarkan sangat dahsyat. Bahkan, wanita menyusui akan melalaikan anak yang disusuinya, ibu hamil pun akan melahirkan anaknya dengan seketika. Sebagaimana terdapat dalam surat Al Hajj ayat 1-2:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمْۚ اِنَّ زَلْزَلَةَ السَّاعَةِ شَيْءٌ عَظِيْمٌ - ١ يَوْمَ تَرَوْنَهَا تَذْهَلُ كُلُّ مُرْضِعَةٍ عَمَّآ اَرْضَعَتْ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكٰرٰى وَمَا هُمْ بِسُكٰرٰى وَلٰكِنَّ عَذَابَ اللّٰهِ شَدِيْدٌ - ٢

Artinya: "Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar. (Ingatlah) pada hari ketika kamu melihatnya (goncangan itu), semua perempuan yang menyusui anaknya akan lalai terhadap anak yang disusuinya, dan setiap perempuan yang hamil akan keguguran kandungannya, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, tetapi azab Allah itu sangat keras." (QS. Al Hajj: 1-2).

Gambaran dahsyatnya hari akhir juga dijelaskan dalam berbagai surat, seperti surat Al Ghasiyah, Al Qariah, hingga surat Al Waqiah.

Hari akhir memiliki beberapa nama lain. Dirangkum dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Aris Abi Syaifullah dkk dan Get Smart PAI oleh Udin Wahyudin, berikut nama lain hari akhir atau Yaumul Akhir:

1. Hari Kiamat (Yaumul Qiyamah)
2. Hari Perhitungan (Yaumul Hisab)
3. Masa Yang Ditetapkan (Yaumus Sa'ah)
4. Peristiwa Yang Pasti Berlaku (Yaumul Waqiah)
5. Hari Yang Menggemparkan (Yaumul Qariah)
6. Hari Goncangan (Yaumuz Zalzalah)
7. Hari Pembalasan (Yaumul Jaza')
8. Hari Keputusan (Yaumul Fasl)
9. Hari Kebangkitan (Yaumul Ba'as)
10. Hari Kemenangan bagi Mukminin (Yaumul Fathu)
11. Hari Pertemuan (Yaumul Talaq)
12. Hari Bencana yang Besar (Yaumut Tamah)
13. Hari Kejadian yang Menyelubungi (Yaumul Gasiyah)

Hari akhir ditandai dengan terbitnya matahari dari arah barat, munculnya binatang ajaib yang dapat berbicara, rusaknya Ka'bah, hingga munculnya Yakjut Makjut. Wallahu a'lam.

Simak juga 'Cerita Mahfud Soal Hoax Konspirasi Corona Hancurkan Islam':

[Gambas:Video 20detik]



(kri/nwy)