Kawat Berduri Disiagakan di Sekitar Istana Jelang Demo HMI Kubu Muis

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 14:15 WIB
Kawat berduri disiagakan di sekitar Istana (Rakha-detikcom)
Kawat berduri disiagakan di sekitar Istana (Rakha/detikcom)
Jakarta -

PB HMI pimpinan Pj Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin mengaku akan menggelar demonstrasi di depan Istana. Kawat berduri hingga petugas kepolisian disiagakan di sekitar Istana.

Pantauan detikcom di sekitar Istana Merdeka pukul 13.20 WIB, Jumat (6/8/2021), tampak sejumlah petugas kepolisian berjaga di seberang Istana.

Kawat berduri juga terlihat disiagakan di jalur masuk Jalan Medan Merdeka Utara dari Jalan Medan Merdeka Timur. Kendaraan tak diizinkan melintas di jalur tersebut.

Belum terlihat massa aksi dari HMI kubu Muis. Arus lalu lintas terpantau lancar.

Sebelumnya, HMI pimpinan Pj Ketua Umum Abdul Muis Amiruddin mengaku akan menggelar demonstrasi siang hari ini meski Polda Metro Jaya tidak memberikan izin atas demo tersebut.

"(Surat pemberitahuan) sudah. Tapi memang pihak Polda juga tetap pada pemahaman bahwa mereka tidak memberikan izin unras (unjuk rasa)," kata Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda PB HMI pimpinan Abdul Muis Amiruddin, Rich Ilman Bimantika, saat dihubungi, Jumat (6/8).

Menurut Ilman, secara aturan, kelompok yang menggelar aksi hanya memberikan surat pemberitahuan kepada Polda Metro Jaya. Aturan yang dimaksud oleh Ilman adalah UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Baginya, hal terpenting adalah demonstrasi dengan damai. Dia menyebut massa aksi akan tertib dan tidak merusak fasilitas umum dan lainnya.

"Yang terpenting, kami unras hari ini tertib dan tidak membuat kerusakan. Karena aksi unras kami adalah aksi damai," ucapnya.

"Untuk jumlah pastinya saya belum bisa pastikan berapa. Paling nanti baru bisa dilihat ketika sudah di lapangan," sambung Ilman.

Tonton video 'Suasana Saat Polisi Jaga Markas HMI Agar Tak Demo di Istana':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)