KSAD-Jenderal Flynn Pimpin Latihan Bareng Terbesar di Sejarah Militer RI-AS

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 16:27 WIB
KSAD dan Jenderal Flynn gelar latihan bersama TNI AD dan US Army terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI-AS
KSAD dan Jenderal Flynn gelar latihan bersama TNI AD dan US Army terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI-AS (dok. Dispen AD)
Jakarta -

TNI Angkatan Darat (AD) menggelar latihan bersama dengan US Army di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Batu Raja, Sumatera Selatan (Sumsel). Kegiatan ini diklaim sebagai latihan bersama terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat.

Dikutip detikcom dari keterangan tertulis Dinas Penerangan (Dispen) AD, Kamis (5/8/2021), upacara pembukaan latihan bersama ini dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Commanding General USARPAC General Charles A. Flynn pada Rabu (4/8). Keduanya menjadi inspektur pada upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.

"Bagi generasi muda yang tergabung dalam latihan ini, semoga melalui Garuda Shield akan membentuk prajurit-prajurit calon pemimpin TNI AD di masa depan yg profesional dan bertaraf internasional," kata Andika.

Andika menekankan latihan terbesar ini merupakan pengalaman pertama terjun lintas negara yang tidak pernah dialami generasi militer AD sebelumnya.

KSAD dan Jenderal Flynn gelar latihan bersama TNI AD dan US Army terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI-ASKSAD dan Jenderal Flynn selaku inspektur pada upacara pembukaan latihan bersama TNI AD dan US Army terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer RI-AS (dok. Dispen AD)

Sementara itu, masih dikutip dari keterangan tertulis Dispen AD, General Flynn mengatakan latihan ini merupakan simbol dari tujuan yang lebih besar dari kerja sama militer Indonesia dan Amerika di masa depan. Dia juga menyampaikan terkesan dengan profesionalisme prajurit TNI AD dan berterima kasih atas keramahan yang ditunjukkan.

Latihan bersama ini berlangsung sejak Minggu (1/8) hingga Sabtu (14/8). Selain di Puslatpur Kodiklatad Baturaja, latihan bersama juga akan dilakukan di Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan dan Makalisung di Manado.

Para personel TNI dan US Army akan dilatihkan materi militer, yakni Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex), Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne.

Baik Andika maupun Flynn berharap latihan ini tak hanya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, tapi juga kemampuan prajurit TNI AD dan US Army. Latihan ini diikuti 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 US Army.

Simak berita lengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Menko PMK Sebut RI dalam Status Darurat Militer!':

[Gambas:Video 20detik]