PPSDM Migas Ubah Eks RS Jadi Klinik Bhina Migas Medical Center

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 11:02 WIB
Klinik Bhina Migas Medical Center
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian ESDM meresmikan Klinik Bhina Migas Medical Center (BMMC) pada Rabu (4/8). Klinik ini merupakan bentuk kerja sama dengan RS. Bhina Bhakti Husada Rembang.

Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggu Nusanto pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora yang telah memberikan dukungan kepada PPSDM Migas.

"Kami mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Bupati Blora yang telah mendukung dengan memberikan perizinan dan support lainnya sehingga klinik Bhina Migas Medical Center ini dapat diresmikan pada hari ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut Waskito menjelaskan pembangunan klinik ini dilakukan untuk mengoptimalisasi aset bangunan eks Rumah Sakit PPSDM Migas pada tahun 2010. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi para stakeholder PPSDM Migas dan masyarakat Cepu.

Pasalnya, sebelumnya masyarakat Cepu sebelumnya perlu ke Surabaya atau Semarang untuk mendapatkan layanan kesehatan. Oleh karena itu, PPSDM Migas melakukan revitalisasi RS PPSDM Migas menjadi Klinik BMMC dengan standard lengkap, pelayanan profesional, dan harga terjangkau.

Waskito menjelaskan membangun klinik menjadi rumah sakit merupakan tujuan awal PPSDM Migas, namun belum dapat terlaksana. Untuk itu, PPSDM Migas mengoptimalkan aset eks rumah sakit menjadi klinik. Pasalnya, sebagai salah satu Badan Layanan Umum (BLU), PPSDM Migas harus terus memberikan layanan kepada masyarakat.

"Seperti diketahui asset PPSDM Migas sangat banyak sehingga dengan mengoptimalkan salah satu asset PPSDM Migas yang tidak terpakai ini menjadi klinik maka harapannya asset-asset ini tidak membebani negara dan biaya perawatan bisa digunakan dan dioptimalkan di sektor-sektor lainnya," ungkapnya.

Meskipun demikian, ia mengatakan dibutuhkan sinergi dengan seluruh pihak agar masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan yang baik. Waskito pun berharap klinik ini ke depan dapat berkembang menjadi rumah sakit.

"Oleh sebab itu kami membutuhkan kerja sama dengan semua pihak sehingga dapat memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Cepu dan sekitarnya dengan harapan satu tahun ke depan klinik ini sudah berkembang menjadi rumah sakit tipe C," imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur RS Bhina Bhakti Husada, drg. Bobet Evih Hedi I R., MMR mengapresiasi PPSDM Migas yang telah bersinergi dengan pihaknya. Ia menjelaskan Klinik BMMC bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan harga terjangkau.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PPSDM Migas atas kepercayaannya. Klinik ini mempunyai misi dan spirit yaitu mempunyai kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau dan bermanfaat untuk banyak orang," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PPSDM Migas berserta RS Bhina Bhakti untuk memberikan pelayanan kesehatan di Kecamatan Cepu.

"Prospek cepu ke depan ini sangat luar biasa, apalagi jika fasilitas penerbangan Bandara Ngloram sudah beroperasi maka salah satu kebutuhan utama adalah adanya fasilitas pelayanan Kesehatan, jika kualitasnya baik dan pelayanannya juga baik maka akan terus meningkat," ujarnya.

"Saya berharap klinik ini dijalankan dengan professional sesuai dengan tagline 'Setulus Hati, Membangun Negeri' dan menjadi salah satu referensi pelayanan Kesehatan dengan adanya stakeholder seperti Exxonmobil Cepu Limited, Pertamina dan yang lainnya serta serta untuk masyarakat luas sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan kelas internasional," pungkasnya.

Sebagai informasi, acara ini juga dihadiri oleh Komisaris PT. Bhina Raharja, M. Atna Tukiman, beserta jajaran komisarisnya, Direktur PEM Akamigas, Prof Perry Burhan, dan perwakilan stake holder dan mitra kerja PPSDM Migas.

Klinik BMMC memberikan layanan praktek dokter umum dan spesialis, IGD/emergency serta ambulance 24 jam, laboratorium dan radiologi, medical check up dan fisioterapi, home visit dan telemedicine. Terdapat juga apotek 24 jam, screening COVID-19, home visit perawat maupun dokter, rapid antigen (Drive Thru dan Home Visit) serta PCR Swab (Drive Thru dan Home Visit).

(ncm/ega)