Catatan Kompolnas soal Kapolda Diperiksa Imbas Kasus Hibah Rp 2 T Akidi Tio

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 08:54 WIB
Poengky Indarti
Poengky Indarti (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kasus donasi Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio tengah dalam tahap penyelidikan oleh Polri karena dananya yang masih misterius. Kompolnas meminta publik menunggu hasil pemeriksaan tim Polri.

"Saat ini Tim Itwasum selaku pengawas internal Polri sedang melakukan pemeriksaan di Polda Sumatera Selatan. Kita tunggu hasil pemeriksaan tim, ya," kata komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada wartawan Rabu (4/8/2021).

Di sisi lain, Poengky menyayangkan donasi Rp 2 triliun ini berbuntut panjang karena kurangnya verifikasi, sehingga membuat Kapolda Sumsel ikut diperiksa.

"Saya menyayangkan kurangnya verifikasi dana yang akan didonasikan, jadi berbuntut panjang. Meskipun niatnya baik, agar transparan dan akuntabel, informasi pemberian donasi Rp 2 triliun disampaikan kepada publik. Tetapi ternyata dananya hingga saat ini belum dapat dicairkan dan belum diketahui apakah besarannya sesuai yang dijanjikan," ujarnya.

"Sehingga ada pertanggungjawaban yang harus dilakukan Polda Sumatera Selatan untuk memastikan pencairan dana agar dapat direalisasikan. Oleh karena itu, dalam beberapa hari ini Polda melakukan pemanggilan kepada Nyonya Heryanty dan mengecek dananya," lanjut Poengky.

Poengky mengatakan hal ini tidak berbuntut panjang jika adanya verifikasi dari dana tersebut. Dia meminta hasil penyelidikan Polri diumumkan ke publik.

"Hal ini tentu tidak akan terjadi jika ketersediaan dana bisa diverifikasi sebelumnya untuk melihat hal-hal penting, seperti misalnya apakah dana ada, dari mana asal-usul dana, disetujui/tidak oleh ahli waris, legalitas dana, pajaknya, bagaimana mekanisme pencairannya, bagaimana pengelolaannya," ujarnya.

"Secara keseluruhan, masalah ini sedang menjadi evaluasi Tim Itwasum Polri. Saya berharap hasil pemeriksaan diumumkan kepada publik, selain sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada publik, juga karena kasus ini menjadi perhatian publik," imbuh Poengky.

Simak video 'Polri Akan Klarifikasi Kapolda Sumsel Terkait Donasi Rp 2 T Akidi Tio':

[Gambas:Video 20detik]