Ngeri! Angka Kematian Corona Usia 31-45 Tahun Naik 435% di Bulan Juli

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:42 WIB
Ilustrasi Pemakaman COVID-19
Ilustrasi kematian akibat Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap tren kenaikan angka kematian berdasarkan kelompok usia. Terungkap bahwa selama Juli ada kenaikan angka kematian akibat Corona pada kelompok usia di bawah 60 tahun.

"Saya kasih tanda seru di sana kenapa? untuk usia 60 tahun kenaikannya hanya 267%. Tapi untuk usia 46-59 kenaikannya 437%. 31-45 naiknya 435%," kata Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan, Dewi Aisyah dalam diskusi yang disiarkan BNPB, Rabu (4/8/2021).

Dewi menjelaskan bahwa tadinya yang dikategorikan sebagai kelompok rentan ialah mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Kini, justru kelompok usia di bawah 60 tahun yang banyak meninggal akibat Corona pada Juli.

"Jadi kita justru melihat ada kenaikan di dua kelompok umur yang sebelumnya kelompok rentan ini kita kategorikan 60 tahun ke atas. Tapi di bulan Juli kita temukan banyak kematian kita pantau pada usia yang lebih muda di bawah 60 tahun," ujarnya.

Angka kematian di kelompok usia yang lebih muda meroket (tangkapan layar Youtube BNPB)Angka kematian di kelompok usia yang lebih muda meroket. (tangkapan layar YouTube BNPB)

Dia mewanti-wanti agar masyarakat berhati-hati. Sebab, dua kelompok usia di bawah 60 tahun tersebut menunjukkan peningkatan angka kematian yang sangat signifikan.

"Jadi tetep, ini harus hati-hati sekali, siapa pun juga masyarakat Indonesia pada kelompok umur ini terjadi peningkatan kematian yang sangat signifikan," ungkapnya.

Simak juga 'Cegah Varian Delta Meluas, Satgas Ubah Pola Pelacakan Kasus Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/tor)