Tarung Bebas Makassar, Pemenang Dijanjikan Rp 1,5 Juta

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 15:20 WIB
Tarung bebas di Makassar yang viral (Screenshot video viral)
Foto: Tarung bebas di Makassar yang viral (Screenshot video viral)
Makassar -

Polisi mengungkap petarung bebas Makassar bakal mendapatkan Rp 1,5 juta apabila memenangi pertarungan. Hadiah itu dijanjikan penyelenggara ajang tarung bebas.

"Kalau menang Rp 1,5 juta, kalau kalah tidak dapat apa-apa," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan kepada detikcom, Rabu (4/8/2021).

Zulpan mengungkapkan ajang tarung bebas Makassar itu dapat ditengarai jadi ajang perjudian. Jika dugaan itu benar, panitia, penonton, hingga petarung dapat dijerat pidana.

"Karena ini juga tentunya ditengarai adanya perjudian dalam pertarungan seperti ini. Ini tentunya akan kita lakukan dengan tegas dan bisa kita jerat pidana," kata Zulpan.

Indikasi perjudian dalam ajang tarung bebas Makassar itu, lanjut Zulpan, juga dapat dilihat dari adanya pungutan biaya registrasi. Diketahui panitia menarik biaya, baik kepada penonton maupun petarung.

Sebagai contoh, penonton dikenai biaya registrasi Rp 10.000, sedangkan petarung dikenai biaya Rp 50 ribu. Dan apabila petarung memenangi pertarungan dalam ajang tarung bebas Makassar itu, ia akan menerima bayaran Rp 1,5 juta.

"Kalau tidak dihentikan, ini bisa berkembang ya kayak UFC. Belum lagi kalau ada preman ikutan, dan bisa biaya registrasi itu berkembang, tiket dinaikkan, hadiah bisa bertambah," ungkap Zulpan.

Petarung Diamankan

Zulpan menyebut pihaknya saat ini telah mengamankan sejumlah pria yang menjadi petarung di ajang tarung bebas Makassar itu. Kini pihaknya juga akan menyelidiki panitia.

"Panitia jelas, penyelenggara kami. Petarung kan sudah ada kita periksa, anak sekolah, makanya kita tahu berapa bayarannya dan seterusnya," ucap Zulpan.

"Jadi panitianya ini jelas ya kami selidik, karena akun Instagram Makassar Street Fight itu dikunci, privasi, tapi kita sudah mengarah ke sana nanti, ya. Kalau dia tetap menyelenggarakan bisa kita tangkap," sambungnya.

Simak video 'Soal Tarung Bebas, Walkot Makassar Ajak Remaja Masuk Klub Gulat Biar Jantan':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/jbr)